Bank Jatim Tunjukkan Pertumbuhan Positif di Triwulan Dua Tahun 2022

INDONESIAONLINE – Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi kepada publik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan II 2022. Pada Triwulan II, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

Bertempat di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Analyst Meeting dihadiri langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman. Pada kesempatan tersebut Busrul Iman memaparkan kinerja keuangan bankjatim Semester I 2022 yang menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja bankjatim berada diatas pertumbuhan rata rata.
 
Bankjatim tetap mempertahankan asetnya diatas seratus triliun di Semester I dengan mencatatkan aset sebesar Rp. 108,93 Triliun dan tumbuh 14,08%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 815 Miliar atau tumbuh 1,49% (YoY).  

Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim yang mencatatkan pertumbuhan  16,41% (YoY) yaitu sebesar Rp. 94,90 triliun. Pertumbuhan DPK yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim terus meningkat. 

Dari sisi pembiayaan, bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 2,21% (YoY) atau sebesar Rp. 43,54 Triliun. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Juni 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,58 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 4,92 %, dan Return On Asset (ROA) 2,05 %.

Selama Triwulan II, bankjatim meraih berbagai penghargaan prestisius dari berbagai ajang yang berbeda. Pada bulan April bankjatim berhasil memborong penghargaan dari ajang Infobank Digital Brand 2022 dan Top BUMD Awards 2022. 

Bankjatim berhasil meraih 5 (lima) penghargaan kategori Bank Umum Konvensional, Tabungan Bank Umum Konvensional, Wealth Management Bank Umum Konvensional, Mobile Banking Bank Umum Konvensional, serta Unit Usaha Syariah Bank Umum Konvensional dalam ajang Infobank Digital Brand 2022. Sedangkan dalam ajang Top BUMD Awards 2022, bankjatim berhasil meraih 2 (dua) penghargaan kategori yaitu TOP BUMD 2022 #Star 5 dan Golden Star Trophy.

Berlanjut di bulan Mei, penghargaan pertama yang diraih bankjatim adalah The Best BPD kategori BPD KMBI 2 (Modal Inti Rp 6 Triliun s.d 14 Triliun) beraset > Rp. 100 Triliun yang diselenggarakan oleh Infobank Media Group bekerjasama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA).

 Di bulan yang sama, bankjatim berhasil menempati Top 50 Emiten Kapitalisasi Pasar Menengah (Mid Cap PLCs) dengan praktik Tata Kelola Perusahaan Terbaik dan meraih kategori Best Disclosure dan Transparency dalam ajang The 13th IICD Award.  Masih di bulan yang sama, bankjatim berhasil meraih kategori sebagai Bank Terbaik 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor Berita Satu Media Holdings. 

Kemudian di penghujung Triwulan II, bankjatim berhasil memborong 6 (enam) penghargaan sekaligus dari dua ajang penghargaan yang berbeda. bankjarim berhasil meraih penghargaan dari The Iconomics dengan kategori “As One Among The Winning Brands in Financial Industry”. Selanjutnya bankjatim juga berhasil meraih penghargaan pada ajang 19th Banking Service Excellence Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Infobank, tidak tanggung-tanggung bankjatim kali ini berhasil meraih 5 (lima) penghargaan pada kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) yaitu kategori media sosial, call center, mobile banking , sms banking, serta kategori Best overall Performance

You May Also Like

Harga Minyak Goreng Jadi 11.500 per Liter, Gubernur Khofifah Berharap Harga Ini sampai Konsumen Paling Akhir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat di samping wali Kota Kediri. (foto:…

Tingkatkan Kolaborasi untuk Keberlanjutan, Ignasius Jonan: Peran Pemimpin Tangguh sebagai Agen Perubahan

JATIMTIMES – Dalam sebuah organisasi, kepemimpinan tidak dilihat dari popularitas seseorang, peringkat,…