Gelora Bangkalan Bakal Jadi  Venue Latihan Piala Dunia U-20, Para PKL Harus Steril 

INDONESIAONLINE – Stadion Gelora Bangkalan (SGB) direncanakan menjadi venue latihan dalam ajang turnamen sepak bola Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 mendatang. Kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah ajang piala dunia junior tersebut. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Ahmad Ahadiyan Hamid. Dia mengatakan SGB akan dijadikan venue latihan dalam ajang Piala Dunia U-20. Bahkan, SGB sudah ditinjau PSSI pusat dan FIFA. 

“Insya Allah SGB ini akan dijadikan  venue latihan dalam ajang Piala Dunia U-20,” ujar kadispora yang akrab disapa Di’et tersebut,  Selasa (2/8/2022). 

Saat  latihan tim peserta Piala Dunia U-20 berlangsung, Di’et mengaku bahwa SGB harus steril dari pedagang kaki lima (PKL), termasuk yang semi-permanen. Kecuali warung yang sudah permanen di sisi utara stadion. 

“Jadi, menurut informasi dari PSSI dan Kemenpora, semua warung yang semi-permanen yang berada di sekitaran stadion harus steril,” kata dia. 

Tidak terkecuali, warung PKL yang berada di sisi selatan juga harus steril dari area stadion selama Piala Dunia U-20 berlangsung. “Kami nanti akan menggandeng instansi terkait, terutama Satpol-PP selaku penegak perda,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Bangkalan Rudiyanto mengatakan, jika memang SGB dijadikan venue latihan Piala Dunia U-20,  pihaknya siap untuk menertipkan SGB dari PKL. 

“Kalau memang ada aturannya, saat SGB dijadikan tempat venue latihan Piala Funia U-20 nanti dan SGB harus steril dari PKL, kami siap membantu menyukseskan,” tandas dia.

Rudi mengungkapkan,  ini sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Bangkalan karen ditempati oleh pemain piala dunia meskipun hanya ditempati venue latihan. 

Selain itu, berkaitan dengan relokasi PKL dari SGB selama ditempati venue latihan, nanti akan dibuatkan pengaturan untuk relokasi sementara. “Itu kan tidak selamanya, hanya selama latihan. Makanya nanti akan kami buatkan pengaturan. Intinya selama latihan itu harus steril,” ucapnya. 

Pelaksanaan Piala Dunia U-20 itu akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang, yakni mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di beberapa wilayah di Indonesia. 

You May Also Like

Masuk Liga 3 Nasional, NZR Sumbersari Jajal Kekuatan Persebaya

NZR Sumbersari saat akan menjalani laga ujicoba menghadapi Persebaya Surabaya (foto: NZR…