Gelar Bazar, BPN dan Pemkab Blitar Sinergi Dorong UMKM Naik Kelas

INDONESIAONLINE-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar bersama Ikatan Istri Karyawan Karyawati (Ikawati) dan Pemerintah Kabupaten Blitar bersinergi menyelenggarakan Bazar Produk UMKM, Kamis (22/9/2022). Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor BPN Kabupaten Blitar ini digelar dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) Tahun 2022.

Kegiatan Bazar UMKM dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso. Hadir dalam agenda ini Kepala BPN Kabupaten Blitar Sukidi, Ketua Ikawati Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur Siti Rochmah Jonahar dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Ibu-Ibu dari IKAWATI BPN Kabupaten Blitar yang telah menginisiasi kegiatan ini. Rahmat juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya PT.Ladara Dharma Bakti yang telah mendukung kegiatan ini.

“Bazar UMKM ini merupakan bukti komitmen panjenengan semua untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menata ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku UMKM,” kata Rahmat.

Rahmat menambahkan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap seluruh sektor sosial ekonomi dimana salah satu sektor yang terkena dampak dari pandemi covid-19 adalah UMKM. Upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat benar-benar bangkit dari keterpurukan akibat pandemi, satu diantaranya dengan menggeliatkan sektor UMKM.

“Selain dalam jaring pangaman sosial, Pemkab Blitar juga melibatkan produk karya pelaku UMKM di berbagai acara sebagai bentuk fasilitasi agar tetap bisa eksis. Dan kegiatan yang digelar pada hari ini merupakan bentuk support yang luar biasa untuk UMKM Kabupaten Blitar. Karena hal ini juga sejalan dengan Panca Bhakti Bupati dan Wakil Bupati Blitar yang ke-4 yakni Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rahmat menyampaikan, saat ini Pemkab Blitar sedang berupaya maksimal untuk mengangkat potensi ekonomi dari seluruh desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Blitar melalui program One Village One Product (OVOP). Program ini digencarkan agar seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Blitar bisa dikenal luas sebagai daya ungkit perekonomian  masyarakat. Ini juga sebagai upaya menindaklanjuti pesan Presiden RI, Joko Widodo untuk menggunakan Produk Dalam Negeri (PDN) yang salah satunya dari pelaku UMKM.

“Kita harus dukung mereka supaya produk UMKM Kabupaten Blitar naik kelas dan bangkit melesat. Hal ini sesuai dengan tema kegiatan yang digelar pada hari ini yakni, ” Bersama IKAWATI Kantor Pertanahan  Kabupaten Blitar UMKM Naik kelas dan Bangkit Melesat.” Harapan kita semua, tentu produk UMKM Kabupaten Blitar bisa berdaya saing dan masuk pasar global,” tukasnya.

Keseriusan Pemkab Blitar dalam mendorong geliat produk UMKM sebagai daya ungkit ekonomi terbukti nyata. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan beberapa waktu lalu produk UMKM Kabupaten Blitar berhasil lolos kurasi di jaringan retail Indomaret dan Alfamart. Sebanyak 18 produk telah dilaunching bersama-sama di Indomaret Tawangsari.

“Bagi saya ini awal yang bagus dan kebanggaan tersendiri. Saya juga berharap ini bisa memotivasi pelaku UMKM yang lain agar produknya juga bisa mendapat kesempatan untuk mengisi gerai pasar modern tersebut,” tandas orang nomor dua di Kabupaten Blitar.

Di kesempatan yang sama, Kepala BPN Kabupaten Blitar Sukidi mengatakan kegiatan Bazar UMKM ini merupakan wujud nyata BPN Kabupaten Blitar dalam mendukung UMKM agar naik kelas menuju Kabupaten Blitar Maju Bersama Sejahtera Bersama. Bazar UMKM akan digelar selama dua hari pada 22-23 September 2022 dan terbuka untuk seluruh masyarakat.

Bazar ini diikuti oleh UMKM binaan OPD terkait Pemerintah Kabupaten Blitar dan Ikawati Kabupaten Blitar. Pelaksanaan bazar mendapat disambut positif oleh pelaku UMKM dan masyarakat.

”Kegiatan ini bukan sekedar tontonan. Kami BPN Kabupaten Blitar mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi dengan mendorong UMKM naik kelas,” kata Sukidi.

Sebagai informasi, dalam pembukaan Bazar UMKM ini BPN Kabupaten Blitar juga menyerahkan sertifikat tanah kepada Pemkab Blitar dan instansi samping. Rincianya, 45 sertifikat aset Pemkab Blitar, 1 sertifikat Polres Blitar, dan 1 sertifikat BRI Kantor Cabang Blitar.(Adv/Kmf)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…