HUT ke-77 Provinsi Jatim, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Blitar

INDONESIAONLINE- Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit tiba di Kabupaten Blitar, Jumat (23/9/2022). Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom menerima Tim Kirab Pataka dalam upacara penyambutan di Pendapa Sasana Adi Praja Kantor Bupati Blitar di Kanigoro.

Pantauan INDONESIAONLINE, sebelumnya Bendera Pataka dikirab dari Kota Kediri menuju Kabupaten Blitar. Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya digelar Pemprov Jatim dalam rangka memperingati Jadi Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Setelah tiba di Kabupaten Blitar dan sampai di Pendapa Sasana Adi Praja, Bendera Pataka diserahkan oleh Kepala Satpol PP Kota Kediri Eko Lukmono kepada Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom. Selanjutnya, Sekda menyerahkan Bendera Pataka kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyo Budi. Di Kabupaten Blitar Bendera Pataka akan menginap satu malam dan selanjutnya akan diserahkan kepada Kota Blitar pada Sabtu (24/9/2022).

“Alhamdulilah pada hari ini Kirab Pataka tiba di Kabupaten Blitar. Ini merupakan rangkaian dari acara peringatan Hari  Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur. Hari Jadi Provinsi Jatim diperingati pada tanggal 12 Oktober,” kata Sekda Kabupaten Blitar, Izul Marom.

Izul menambahkan, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dimulai pada 16 September 2022 dari Gedung Grahadi, Surabaya. Setelah dilepas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kirab Pataka akan berkeliling ke 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

“Hari ini pataka dikirab dari Kediri dan tiba di Kabupaten Blitar. Di Kabupaten Blitar, Bendera Pataka menginap semalam. Besuk kami dari Kabupaten Blitar menyerahkan ke Kota Blitar. Setelah itu Kota Blitar akan melanjutkan kirab Pataka ke daerah lain,” terangnya.

Lebih dalam Izul menyampaikan, dengan Kirab Pataka ini gaung Hari Jadi Provinsi Jatim nyata bisa dirasakan merata ke semua masyarakat di Jawa Timur. Mewakili pimpinan daerah dan masyarakat Kabupaten Blitar, dirinya juga juga berharap di momentum HUT ke-77 Provinsi Jatim ini, Kabupaten Blitar kedepan akan semakin optimal memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Semoga kita semakin bisa berkontribusi untuk pembangunan dan kemajuan bangsa dan Negara khususnya bagi Jawa Timur,” tukas Sekda.

Di kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Rustin Tri Setyo Budi, mengatakan Kirab Pataka yang membawa panji-panji Jer Basuki Mawa Beya bukan sekedar seremoni. Ditegaskanya, Kirab Pataka merupakan upaya untuk menggugah semangat masyarakat Jawa Timur pada umumnya dan Kabupaten Blitar pada khususnya.

“Jer Basuki Mawa Beya ini jadi penyemangat bagi warga Jawa Timur, bahwa tidak ada kesuksesan yang tidak disertai dengan kerja keras. Sehingga diharapkan semua masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Blitar bisa kerja keras untuk memajukan Jawa Timur,” kata Rustin.

Setelah dari Kabupaten Blitar, pataka akan dikirab ke Kota Blitar dan bergilir ke 38 kota/kabupaten di Jawa Timur. Dijelaskan Rustin, dalam menyukseskan kirab ini Pemkab Blitar melibatkan seluruh unsur mulai dari kecamatan, desa dan OPD terkait.

“Semua kita ajak dan mengawal  dan menyukseskan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya,” pungkasnya.(Adv/Kmf)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…