5 Negara Pengirim Spam Terbanyak ke Indonesia

Ilustrasi spam (longnet)

INDONESIAONLINE – Sudahkah Anda terdapat 5 negara pengirim spam terbanyak ke Tanah Air? Atau bagaimana spam menjadi masalah tersendiri bagi para pemilik akun email.

Melansir www.jatimtimes.com dari penelusuran cloud security ternyata ada 5 negara pengirim spam terbanyak ke Indonesia. Berikut nama-nama negara yang menjadi pengirim spam.

1. Tiongkok

Tiongkok berada di urutan pertama yang paling banyak mengirimkan spam. Tercatat 31,26 persen total serangan spam yang dikirim Tiongkok ke Indonesia.

2. Makedonia Utara

Negara ini menjadi negara kedua yang melakukan serangan spam email terbanyak ke tanah air. Tercatat ada 31,26 persen total serangan spam dari negara tersebut

3. India

India negeri Bollywood juga jadi penyumbang terbanyak spam email ke Indonesia. Tercatat serangan spam dari negara tersebut ke Tanah Air sebanyak 18,15 persen.

4. Jerman

Negara dengan demokrasi parlementer ini tercatat mengirimkan serangan spam 18,08 persen.

5. Indonesia

Indonesia jadi negara kelima yang juga menjadi pengirim spam terbanyak ke wilayahnya sendiri. Dari data, serangan spam dari Indonesia sebanyak 6,29 persen.

Apa itu Spam

Istilah spam tentunya  telah banyak diketahui masyarakat yang menggunakan email atau platform perpesanan atau komunikasi lainnya.

Spam merupakan sampah yang sangat menganggu bagi para pemilik akun dikarenakan dikirim dalam jumlah banyak.

Sementara itu, selain bersifat komersial atau promo, terkadang isi spam juga menjadi ancaman karena menjadi sarana penyebaran Malware yang dapat membahayakan data kredensial para penerimanya.

Isi spam tersebut biasanya menyaru sebagai institusi atau pihak-pihak tertentu untuk menggaet korbannya.

“(Ancaman) yang paling umum dalam spam email adalah phising, kejahatan digital yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks,” tulis awanpintardotid dalam laporannya sebagaimana dikutip dari databooks katadata (as/dnv).

negara pengirim spam terbanyaknegra pengirim spamspam