Buka Acara Kominfo Goes to School di SMAN 1 Ponggok, Bupati Mak Rini Dorong Pelajar Blitar Tumbuh Jadi Generasi Emas

INDONESIAONLINE-Kominfo Goes to School yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten Blitar di SMAN 1 Ponggok berlangsung sukses dan meriah, Kamis (8/9/2022). Agenda yang diikuti oleh seluruh pelajar ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah.

Dalam sambutanya, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan Kominfo Goes to School merupakan agenda rutin dari Dinas Kominfo Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dikemas secara edukatif, melalui Kominfo Goes to School ini Dinas Kominfo Kabupaten Blitar membagikan pengetahuan dan pengalamannya di bidang informasi dan komunikasi kepada adik-adik yang sedang duduk di bangku sekolah.

“Program ini sempat vakum selama 2 tahun, saat pandemi covid-19 menyerang dunia, termasuk Indonesia. Tapi, alhamdulillah kita semua dapat melewatinya dan bangkit bersama lebih kuat. Kominfo Goes to School merupakan program bagus untuk meningkatkan wawasan para siswa terkait dengan UU ITE, paparan tentang hoaks serta tips bijak dalam bermedia sosial,” kata Mak Rini.

 Mak Rini menambahkan, perkembangan media massa dengan model dan content yang disampaikan saat ini cukup pesat. Di era 4.0 ini masyarakat dipaksa untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Sosial media menjadi kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat sehingga keberadaan dan penggunaannya perlu dibuat sebuah regulasi.

Merespon perkembangan digitalisasi yang cepat, Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo telah membuat peraturan berupa Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 yang merupakan amandemen dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Regulasi ini berisi hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam dunia maya.

“Peraturan ini penting untuk menjamin kepastian hukum bagi masyarakat yang melakukan transaksi secara elektronik. Selain itu, UU ITE juga bermanfaat untuk melindungi masyarakat pengguna jasa internet dari kejahatan online,” tegas Bupati Blitar.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada pelajar di SMAN 1 Ponggok. Diantaranya dirinya meminta kepada seluruh pelajar agar menjadikan kegiatan Kominfo Goes to School untuk ajang silaturahmi, sharing dan mengasah kekritisan.

“Kalian adalah generasi emas dan calon pemimpin bangsa, yang nantinya akan duduk di kursi-kursi pejabat menggantikan kami semua. Oleh karena itu, manfaatkan masa muda adik-adik dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Tidak perlu hal besar untuk membuat suatu perubahan. Biasakan hal-hal kecil bernilai positif dalam diri kita dan buktikan saja, kebiasaan kecil tersebut nantinya akan menginspirasi banyak orang,” tegasnya.

Kominfo Goes to School yang diselenggarakan di SMAN Ponggok mendapat respon positif dari pihak sekolah dan Kantor Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Blitar Raya. Dalam kegiatan ini para pelajar mendapatkan materi yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto.

Acara semakin gebyar dengan penampilan live musik, kuis dan bagi-bagi doorprize. Energi dari kegiatan ini benar-benar luar biasa. Seluruh pelajar yang menjadi peserta bersemangat mengikuti jalanya kegiatan. Begitupun dengan para pendidik, Kepala Sekolah SMAN 1 Ponggok dan para Guru senang dengan adanya kegiatan ini di sekolah mereka.

Saat diwawancarai awak media, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, Sholikin memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kabupaten Blitar yang sukses menyelenggarakan Kominfo Goes to School. Menurutnya, Kominfo Goes to School yang digelar di SMAN 1 Ponggok ini adalah Kominfo Goes to School yang paling meriah dan edukatif.

“Kegiatan Kominfo Goes to School ini sangat positif. Dan jarang-jarang kegiatan seperti ini dihadiri langsung oleh Bupati. Dan kami sangat antusias sekali dengan hadirnya Bupati. Hadirnya Bupati akan menggugah semangat para pelajar untuk belajar dan memahami apa itu UU ITE dan berpositif dengan menggunakan medsos dengan bijak,” kata Sholikin.

Lebih dalam Sholikin menyampaikan, pihaknya mendorong agar program Kominfo Goes to School agar bisa dilaksanakan di seluruh lembaga SMA/SMK di Kabupaten Blitar. Pihaknya pun mengaku siap untuk memasifkan kegiatan ini dengan melaksnakan MoU dengan Dinas Kominfo Kabupaten Blitar.

“Kami sangat mendukung sekali program ini. Dan kami siap untuk MoU dengan Dinas Kominfo Kabupaten Blitar untuk mensosialisasikan UU ITE kepada lembaga sekolah di wilayah Kabupaten Blitar, ini penting karena kita dihadapkan dengan Revolusi Industri 4.0. Progam Kominfo Goes to School ini harus berlanjut untuk melahirkan generasi emas Indonesia,” pungkasnya.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sukses Gelar Kejurda Robotik, Kabupaten Blitar Dapat Pujian dari Pemprov Jatim

    INDONESIAONLINE-Revolusi Industri 4.0 direspon dengan inovasi dan kreatifitas oleh Kabupaten…

Bupati Blitar Launching Pasar Lelang Cabai di Kecamatan Wonodadi

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Kolomayan, Kecamatan…