AFC Sanksi Indonesia, Thailand Kena Hukuman Lebih Berat

Kericuhan yang melibatkan Timnas Indonesia versus Timnas Thailand di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja.

 

INDONESIAONLINE – Kericuhan di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja antara Timnas Indonesia U-23 v Thailand berbuntut. AFC atau Asosiasi Sepak Bola Asia menjatuhkan hukuman atas kericuhan itu.

Di kubu Indonesia, gelandang Komang Teguh Trisnanda dihukum enam laga ditambah satu pertandingan otomatis akibat kartu merah. Pemain asal Bali ini juga didenda USD 1.000 atau sekitar Rp 14,9 juta sesuai Kode Disiplin AFC.

Sama dengan Komang, striker Titan Agung Bagus Fawwazi mendapatkan hukuman skorsing enam laga dan denda USD 1.000 karena terlibat perkelahian.

Sedangkan gelandang serang Muhammad Taufany Muslihuddin diganjar hukuman yang lebih berat. Taufany kena skorsing absen enam laga di level klub dan negara di bawah naungan FIFA dan AFC. Denda yang dibebankan kepada Taufany sebesar USD 10.000 atau sekitar 149 juta.

Selain tiga pemain, beberapa ofisial Timnas Indonesia U-23 juga turut dihukum. Yakni Tegar Diokta Andias (sekretaris tim), Sahari Gultom (pelatih kiper), Ahmad Nizar Caesara Noor (dokter tim), dan Muhni Toid Sarnad.

Tegar dan Sahari Gultom dihukum tidak bisa mendampingi tim dalam enam pertandingan serta denda USD 1.000. Sedangkan Ahmad Nizar dan Muhni Toid diskors enam pertandingan tanpa dijatuhi denda.

Sementara, kubu Thailand mendapatkan hukuman lebih berat daripada Indonesia. AFC menghukum FA selaku induk seoak bola Thailand dengan denda USD 10.000.

Penjaga gawang Thailand Soponwit Rakyart mendapatkan hukuman larangan 6 pertandingan dan denda USD 1.000.

Tiga pemain Thailand lainnya (Chayapipat Supunpasuch, Purachet Todsanit, dan Thirapak Prueagna) dihukum skorsing larangan tampil dalam enam laga di ajang resmi AFC.

Tiga staf pelatih Thailand, yaitu Prasobchoke Chokemor, Pattarawut Wongsriphuek, dan Mayeid Mad-Adam, mendapatkan sanksi larangan mendampingi tim selama enam laga resmi AFC dan denda 1.000 dolar AS. Sedangkan staf pelatih Thailand Bamrung Boonprom  disanksi skorsing larangan mendampingi tim selama 6 laga resmi AFC tanpa denda.

Final cabang sepak bola SEA Games 2023 mempertemukan Indonesia v Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Garuda Muda menang 5-2 dalam laga yang berjalan selama 120 menit dan penuh drama itu.

Ada dua kali insiden kericuhan antara kedua tim. Yakni menjelang akhir waktu normal dan di babak pertama perpanjangan waktu.

Dalam laga itu, Komang Teguh diganjar kartu merah. Tiga  pemain Thailand juga diusir wasit.

Perkelahian tidak hanya melibatkan pemain. Ofisial kedua tim juga terlibat insiden tersebut. (red/hel)

AFCfinal SEA Games 2023ricuh final bola SEA Games 2023sanksi AFCtimnas indonesiaTimnas Thailand