Air Embung Peniwen Lampaui Kapasitas, Rencana untuk Cetak Sawah Baru dan Air Minum

Embung Peniwen yang direncanakan kelebihan debit airnya untuk air minum Perumda Tirta Kanjuruhan dan cetak sawah baru (youtube lohjinawi channel)

INDONESIAONLINE – Embung Peniwen di Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang ternyata memiliki potensi sumber air yang luar biasa.

Pasalnya, air Embung Peniwen dari perhitungan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU-SDA) Kabupaten Malang memiliki kelebihan debit air seitar 100 liter per detik.

“Jadi Embung Peniwen itu airnya sudah melebihi kapasitas, berlebih, karena baku sawah sudah tercukupi,” ucap Plt Kepala Dinas PU-SDA Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma.

Kelebihan debit air inilah yang direncanakan oleh Dinas PU-SDA Kabupaten Malang untuk mencetak lahan sawah baru hingga ratusan hektare (ha).

“Kelebihan air kisaran 80 hingga 85 liter air per detik ini rencananya mau kami manfaatkan untuk cetak sawah baru seluas 100 hektare. Sedangkan sekitar 20 liter per detik untuk air minum yang nanti dikelola Perumda Tirta Kanjuruhan,” terang Khairul yang akrab disapa Oong ini.

Di sisi lain, Embung Peniwen juga diproyeksikan untuk penunjang destinasi wisata. Sebagaimana yang telah diberitakan, Dinas PU-SDA Kabupaten Malang sedang menggagas untuk mengembangkan wisata air di Embung Peniwen.

Hal ini didasarkan pada progres hingga saat ini yaitu sertifikat sebagian lahan di Embung Peniwen telah terealisasi. Nantinya Embung Peniwen akan dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Oleh karenanya, pemerintah saat ini juga sedang berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Rencananya, jika beberapa tahapan termasuk proses hibah telah dirampungkan, Embung Peniwen bakal ditanami berbagai macam pohon dan tumbuhan. Diantaranya meliputi bambu dan buah-buahan. Sehingga bisa menunjang wisata air yang nantinya berada di Embung Peniwen (nn).

air minum air embung peniwendinas pu sda kabupaten malangembung peniwensawah baru