Awan Pileus, Fenomena Langit Berwarna Indah tapi Jadi Pertanda Cuaca Buruk

Fenomena awan pileus.

INDONESIAONLINE – Jika kita lihat, ada kalanya awan di langit  berwana putih bersih atau abu-abu gelap.

Selain warna-warna dasar itu, langit juga mampu berubah warna menjadi sebuah warna yang begitu indah. Misalnya terdapat campuran antara warna sunset dengan pelangi. Fenomena seperti itu disebut dengan Awan Pileus.

Dilansir dari akun Tiktok @viralinbrow, “Pileus” diambil dari bahasa latin, artinya “topi”. Menurut World Meteorological Organization, awan pileus merupakan fenomena alam yang memiliki luasan horizon kecil berupa tudung atau topi yang berada di atas puncak atau biasanya melekat pada bagian atas awan cumulus atau cumulonimbus.

Jadi, awan cumulonimbus naik dengan cepat yang kemudian akan mengembun dan mengalami yang namanya kondensasi. Lalu, udara yang mengembun ini akan membentuk formasi seperti sebuah payung atau tudung halus sehingga menjadi awan pileus.

Awan pileus juga bisa terbentuk di daerah puncak pegunungan. Bahkan fenomena ini juga bisa terbentuk dari awan pyrovumulu, saat gunung berapi meletus atau beberapa awan jamur akibat ledakan nuklir tinggi.

Biasanya kemunculan peristiwa awan pileus ini hanya terjadi secara singkat. Awan ini bisa dengan cepat menghilang seiring posisi awan utama yang notabennya berada di bawahnya naik melalui proses konveksi.

Awan pileus memiliki gradasi warna yang cantik layaknya pelangi yang melingkar. Hal tersebut terjadi karena pembiasan cahaya.

Dengan begitu, awan pileus berisikan sekelompok besar tetesan air yang mempunyai ukuran yang sama dan membelokkan warna sinar Matahari yang berbeda dengan jumlah berbeda.

Berdasarkan pemaparan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), peristiwa ini relatif jarang terjadi. Seperti yang disampaikan sebelumnya, awan pileus biasanya memiliki banyak tetesan air atau kristal es. Sementara untuk warnanya dapat muncul hanya ketika beberapa tetesan yang bertemu sinar matahari di dalam satu waktu yang sama.

Meski memiliki tampilan yang menakjubkan, awan pileus ini bisa diartikan sebagai pertanda akan terjadinya cuaca buruk.

Hal ini karena awan pileus punya pengamatan yang mampu membantu untuk memahami dinamika atmosfer dan perkiraan cuaca.

Dikatakan Awan Pileus ini termasuk satu di antara sepuluh awan Cumulonimbus lainnya seperti Arcus, Calvus, Capillatus, Incus, Mammatus, Pannus, Pileus, Tuba, Velum dan Virga. Nah, awan Cumulonimbus ini yang bertugas terhadap cuaca badai.

Sekilas memang penampakkan awan pileus sangat menakjubkan, tapi lewat awan ini akan menyebabkan beberapa kondisi hujan. Mulai dari hujan angin, hujan, guntur, dan kilat.

Nah itu dia informasi singkat soal awan pileus. Kalau kalian melihat fenomena awan ini, apa yang akan kalian lakukan? (mut/hel)

Awan pileusfenomena langit indahpertanda cuaca buruk