Baru Pertama Ikut, Kota Blitar Juara 2 Rumah Dataku Tingkat Jatim

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Blitar Parminto. (foto: ainurrofiq/jtn group)

INDONESIAONLINE – Kota Blitar meraih juara 2 dalam perlombaan Rumah Dataku tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 yang diselenggarakan  BKKBN  Jatim.

Prestasi ini terbilang gemilang karena Kota Blitar baru pertama  berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Blitar Parminto mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini.

Ia menyatakan bahwa dalam perlombaan Rumah Dataku tahun 2024 tingkat Jatim, Kota Blitar, yang diwakili oleh Kampung KB Sentosa di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, berhasil meraih juara 2. Rencananya, penghargaan akan diserahkan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang akan dilaksanakan pada  Juni mendatang.

Menurut Parminto, Rumah Dataku merupakan salah satu agenda tahunan  BKKBN Provinsi Jatim yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari berbagai aspek di kampung KB. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai hal, mulai dari jumlah anak usia sekolah, kondisi kesehatan, luas lahan pertanian, hingga tingkat kesejahteraan.

“Dalam Rumah Dataku, kami menghimpun data kependudukan, jumlah anak yang bersekolah, serta data kesehatan,” ungkap Parminto pada Senin (29/4/2024), menjelaskan pentingnya data tersebut dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat daerah.

Parminto juga menekankan pentingnya akses yang diberikan kepada setiap Perangkat Daerah untuk mengakses data yang terkumpul melalui Rumah Dataku. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di wilayah tersebut.

“Saat ini, setiap kelurahan di Kota Blitar telah memiliki Kampung KB. Dengan adanya Rumah Dataku di setiap Kampung KB, diharapkan dapat mempercepat proses analisis bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Blitar,” tambah Parminto.

Prestasi ini bukan hanya merupakan kebanggaan bagi Kota Blitar, tetapi juga menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan data di tingkat daerah. Dengan kerja keras dan kolaborasi yang terus-menerus, Kota Blitar siap untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan. (ar/hel)

BKKBN JatimKota BlitarPemkot BlitarRumah Dataku