Beragam Reaksi Gubernur Lampung saat Kunjungan Jokowi: Lemas, Cemberut, Halangi Bocah, hingga Tertawa

Salah satu potongan video ketika gubeenur Lampung tak tahu nama daerah dan bertanya kepada warga.

INDONESIAONLINE – Lampung masih jadi topik pembicaraan hangat oleh publik. Terlebih ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang meninjau langsung jalanan rusak yang viral di media sosial.

Gubernur Lampung Arinal Junaidi pun tak luput dari sorotan publik. Arinal dianggap tak peduli kepada masyarakat dengan membiarkan jalan di wilayahnya rusak selama bertahun-tahun.

Arinal tampak menemani Jokowi dalam kunjungan pada Jumat (5/5/2023) kemarin. Di sela-sela kunjungan itu, Arinal tertangkap kamera beberapa kali memberikan ekspresi yang berbeda-beda.

Pada video pertama yang diunggah akun Instagram @unikinfo_id, terlihat Arinal yang kurang bersemangat dan lemas. Ia terlihat berdiri tepat di belakang Jokowi.

Saat Jokowi menyebut  jalan yang rusak parah akan diambil alih oleh Kementerian PUPR, terlihat Arinal  tidak memberikan ekspresi apa-apa.

Selanjutnya, pada video yang diunggah akun Instagram @undercover.id, terlihat Arinal yang berekspresi gemas menirukan salah satu warganya yang sedang memanggil Jokowi.

Dalam video itu terlihat Arinal yang bergaya gemas dengan memegang wajahnya. Setelah itu, ia terlihat pergi mengikuti rombongan Jokowi.

Masih dalam akun yang sama, Arinal juga terlihat menghalangi salah satu warganya yang hendak bercerita langsung kepada Jokowi mengenai jalanan yang rusak itu.

Dalam video itu terlihat seorang remaja yang memakai kaus PDIP hendak menghampiri Jokowi. Namun ia dicegah oleh para penjaga dan  terlihat Arinal juga melarangnya. Tak terdengar dengan jelas apa yang dikatakan oleh Arinal kepada remaja itu. Namun pada video itu, terlihat Arinal yang berekspresi tertawa sambil melambaikan tangannya seakan-akan meminta remaja itu untuk mundur.

Remaja itu kemudian dihampiri oleh salah satu wartawan dan ia ditanyai mengenai jalanan yang tidak pernah diperbaiki itu.

“Baru diperbaiki kapan?” tanya wartawan. “Tiga hari ini,” jawab remaja itu.

Lalu pada video berikutnya, terlihat Jokowi yang meninjau jalan  rusak. Pada kesempatan itu, Jokowi menyinggung soal kondisi jalanan di Lampung. “Jalannya mulus, sampai di mobil tidur,” sindir Jokowi.

Tak berhenti di situ. Arinal juga diketahui tidak tahu daerah yang tengah dikunjungi Jokowi kemarin. Hal itu terlihat dari Arinal yang bertanya kepada masyarakat saat ditanya oleh Jokowi mengenai daerah yang sedang ditinjau.

“Ini apa, desa apa?” tanya Arinal kepada masyarakat. “Sebutir ama,” jawab masyarakat bersama-sama.

Momen Arinal bertanya kepada masyarakat itu dilihat oleh Jokowi dan para menterinya. Terlihat Arinal  acuh akan pandangan yang diberikan oleh kepala negara dan sejumlah menteri.

Momen-momen Arinal dalam kunjungan Jokowi itu tentu mendapat komentar dari warganet. Namun, komentar paling banyak ditulis warganet dalam unggahan Arinal tidak mengetahui nama desa yang sedang ditinjau Jokowi.

“Oh yang katanya kerja sampe larut malam, daerah sendiri aja ga tau,” tulis @aldisgemblonk.

“Gimana mau ngurusin jalannya, tau nama tempatnya aja gak, ngelawak bnr sih,” timpal @nani_lestari.

“Dia bukan gubernur lampung mungkin,” ujar @jafaryusuf08. (mut/hel)

Arinal JunaidiGubernur Lampungjalan rusak di lampungJokowiLampung