Sejumlah bank besar telah mengajukan lisensi bank digital ke OJK

by -23 views
Sejumlah bank besar telah mengajukan lisensi bank digital ke OJK

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Era perbankan digital sudah di depan mata. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan beberapa bank besar telah mengajukan izin menggarap bank digital.

“Sebenarnya sudah banyak yang mengajukan, karena melayani secara digital sudah menjadi kebutuhan. Jika bank belum siap maka akan ditinggalkan nasabah,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana secara virtual, Kamis (8/4).

Heru mengatakan, dari 107 bank umum, OJK melihat bank-bank besar telah melakukan transformasi diri sehingga bisa menyediakan layanan digital. Ada juga beberapa bank kecil dan menengah yang sudah meminta izin untuk menyediakan layanan digital.

Baca juga: OJK: Bank digital bisa memberikan suku bunga kredit yang lebih rendah

Baca:  Ada pandemi Covid-19, nilai transaksi digital banking OCBC NISP tumbuh 92% di 2020

“Kalau kita menyebutnya Bank Jago, Bank Digital BCA, Bank Net Syariah. Menurut saya, dengan kemampuan mereka untuk merealisasikan harus beralih ke digital, saya senang. Artinya bank kita akan memberikan layanan yang lebih efisien dan lebih baik lagi,” ujarnya. dia berkata. Heru.

Dia menilai jika bank-bank besar di Indonesia sudah menyediakan layanan perbankan digital, maka pangsa pasar kilang di Indonesia sudah mencukupi. Apalagi, Heru melihat semua bank di Indonesia memiliki visi untuk menyediakan layanan digital.

OJK menyatakan bank yang telah melakukan transformasi digital diperbolehkan memberikan layanan kepada nasabah. Namun, regulator akan segera merilis POJK terkait bank umum guna memperkuat tata kelola dan keamanan bank digital.

Baca:  Halaman anda tidak ditemukan - Kontan.co.id

“Nanti akan kami tegaskan, bagi bank baru yang ingin melayani bank digital, akan ada aturan yang lebih ketat untuk melindungi keamanan nasabah dan bank itu sendiri. Guna memberikan layanan digital banking yang lebih baik,” imbuh Heru.



Komentar