Pebisnis dompet digital optimistis dapat berkah saat Ramadan

by -21 views
Pebisnis dompet digital optimistis dapat berkah saat Ramadan

ILUSTRASI. Konsumen berbelanja menggunakan aplikasi QR Code OVO saat diperkenalkan di Jakarta./pho KONTAN / Carolus Agus Waluyo

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Bulan Ramadhan yang hanya menghitung hari menciptakan optimisme akan performa dompet digital. Bukan tanpa alasan, transaksi digital yang berkembang pesat sejak pandemi Covid-19 dinilai semakin berkembang di bulan puasa ini.

Salah satu optimisme datang dari pemutar dompet digital OVO. Pada bulan puasa tahun lalu, OVO mencatat peningkatan use case di beberapa sektor, seperti perdagangan online yang naik lebih dari 110%, jasa pengiriman meningkat lebih dari 15%, dan pencairan dana pinjaman yang meningkat hampir 50%.

“Kami juga melihat pertumbuhan pengguna baru OVO yang substansial, yaitu 267% sejalan dengan kebiasaan baru mereka berbelanja online dan mengadopsi metode pembayaran nontunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil melakukan jarak fisik,” kata Head of Corporate Communication OVO. Harumi. Supit untuk Kontan.co.id.

Baca:  Kemampuan melindungi data nasabah jadi tantangan utama bank digital

Melihat hal tersebut, Harumi mengatakan pihaknya optimistis pertumbuhan tersebut bisa berlanjut di bulan puasa tahun ini. Menurutnya, pertumbuhan tersebut sejalan dengan tren digitalisasi yang semakin meningkat dan berbagai kemitraan yang dilakukan OVO dengan platform e-commerce.

Baca juga: DANA mencatat 200.000 UMKM telah bergabung dengan dana bisnis dan menggunakan QRIS

“Kami yakin dan optimis seiring dengan pesatnya adopsi pembayaran digital di Indonesia, salah satunya karena kondisi pandemi saat ini, layanan OVO juga akan mengalami peningkatan di bulan Ramadhan ini,” ujar Harumi.

Saat ini, kata Harumi, OVO sedang fokus mengembangkan layanan keuangan yang lebih komprehensif. Ini dilakukan untuk memperluas ekosistem OVO dan use case.

Baca:  Presiden Jokowi meminta porsi kredit UMKM ditingkatkan di atas 30%

Senada dengan OVO, ShopeePay juga optimistis jumlah transaksi di bulan puasa ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Tanpa menyebut angka, optimisme tersebut muncul dari perluasan kemitraan ShopeePay yang telah dilakukan sejak tahun lalu.

Head of Campaign and Growth Marketing ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan ShopeePay memiliki beberapa fitur unggulan selama bulan puasa, di antaranya fitur transfer THR dan donasi ShopeePay. Inovasi ini dilakukan agar layanan menjadi lebih relevan bagi pengguna.

“Di bulan Ramadhan, pengguna dapat memanfaatkan fitur transfer THR dan donasi ShopeePay sehingga dapat memenuhi kebutuhan Ramadhannya dengan aman, nyaman dan memuaskan bahkan dari rumah,” kata Cindy.

Cindy juga mengungkapkan bahwa ShopeePay telah menyiapkan beberapa kampanye dan promosi untuk pengguna yang semakin tertarik melakukan transaksi tunai. Tak hanya itu, Cindy juga mengatakan di bulan puasa tahun ini pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan mitra baik secara online maupun offline.

Baca:  Hasil investasi asuransi syariah mulai membaik pada Januari 2021

“Dengan begitu, kami berharap kehadiran ShopeePay tidak hanya membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, tetapi juga membantu mitra kami untuk lebih mengembangkan bisnisnya,” tutup Cindy.



Komentar