Gampang! Ini cara menukar uang Rp 75.000 buat dijadikan angpao Lebaran

by -18 views
Gampang! Ini cara menukar uang Rp 75.000 buat dijadikan angpao Lebaran

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Ada budaya yang sangat melekat di Indonesia saat Hari Raya. Yakni berbagi tunjangan hari raya (THR) dengan uang baru.

Untuk itu, Bank Indonesia (BI) dan kantor cabang perbankan biasanya membuka layanan penukaran uang baru selama periode Ramadhan dan Idul Fitri setiap tahun.
Khusus untuk tahun ini, BI juga telah memberikan Rp. Pecahan 75.000 pecahan yang merupakan HUT ke-75 Republik Indonesia (UPK 75 RI).

Sebelumnya, denominasi ini sebagian besar hanya untuk tujuan pengumpulan saja. Namun kini, BI sedang mendorong perluasan penggunaan UPK 75 Tahun RI baik sebagai paket merah Lebaran hingga transaksi.

Baca:  Merger rampung, begini strategi Bank Syariah Indonesia (BSI) di tahun 2021

Untuk alasan ini, jumlah maksimum untuk menukar Rp. 75.000 pecahan ditingkatkan menjadi 100 lembar per hari untuk 1 KTP.

“BI dorong perluasan UPK 75, termasuk THR atau red packets atau salam lebaran. Keindahan dan kemegahan UPK 75 cocok untuk THR atau angpau yang menambah keceriaan dan kekhasan suasana lebaran,” ujar Direktur Eksekutif BI Money Kepala Departemen Manajemen Marlison Hakim kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Jelang lebaran, BRI kucurkan Rp. 36,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai

Untuk menukarkan pecahan baru Rp 75.000, masyarakat dapat mengunjungi loket di kantor cabang perbankan yang bekerja sama dengan BI.

BI telah membuka layanan penukaran uang baru sejak 12 April dan akan dibuka hingga 11 Mei 2021. Jumlah bank yang akan bekerjasama dengan bank sentral dalam proses penukaran ini sebanyak 107 bank dengan 4.608 gerai bank umum.

Baca:  Bidik 9 juta pengguna, Tugu Insurance sediakan layanan di aplikasi MyPertamina

Tahun ini, BI tidak membuka layanan penukaran uang individu. Marlison menjelaskan, hingga 30 April 2021 realisasi penukaran UPK 75 RI sudah mencapai 50,6 juta saham. Jumlah ini setara dengan 67,5 persen dari total yang disediakan BI, yakni 75 juta lembar saham.

Baca juga: BRI menyediakan layanan penukaran mata uang kecil di 20 kantor cabang Jabodetabek

“Dengan adanya kebijakan perluasan penukaran UPK 75 dimana 1 KTP dapat 100 lembar maka animo masyarakat untuk menukarkan UPK 75 pada bulan Ramadhan semakin tinggi, dimana sebagian besar permintaan UPK 75 untuk kebutuhan THR Lebaran / angpau akan disalurkan kepada keluarga. anggota, “jelas Marlison.

“Diperkirakan permintaan dalam 10 hari menjelang Idul Fitri akan semakin tinggi seiring dengan pencairan THR,” ujarnya.

Baca:  Bakal jatuh tempo, obligasi Batavia Prosperindo Finance raih peringkat idBBB



Komentar