Bunga pinjaman fintech dinilai tinggi, Modal Rakyat: Bunga kami tetap kompetitif

by -18 views
Bunga pinjaman fintech dinilai tinggi, Modal Rakyat: Bunga kami tetap kompetitif

ILUSTRASI. Fintech Modal Rakyat

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Pertumbuhan industri financial technology (fintech) tidak mengurangi tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangannya adalah penerapan suku bunga pinjaman yang dinilai masih tinggi, terkadang masih dikeluhkan nasabah.

Sebagai pelaku fintech, Modal Rakyat mengatakan suku bunga pinjaman di platformnya saat ini masih kompetitif. Rata-rata suku bunga pinjaman di Ibukota Rakyat adalah 15% per tahun dengan provisi fee sekitar 1% sampai 3%.

“Kepentingan Modal Rakyat tetap kompetitif. Harga kami mengikuti pasar saat ini di mana pemberi pinjaman masih menginginkan bunga di kisaran 12% -18% per tahun. Tergantung sektor bisnisnya, “kata Direktur Utama Modal Rakyat Hendoko Kwik kepada Kontan.co.id.

Baca:  Ini bank-bank dengan penawaran bunga tertinggi

Baca juga: Per Maret 2021, pinjaman fintech yang beredar telah mencapai Rp 19,04 triliun

Hendoko menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum pernah menemukan peminjam yang mengeluhkan bunga pinjaman tersebut. Menurut dia, besaran bunga yang diterapkan masih sesuai dengan perhitungan bisnis peminjam.

“Saat ini mayoritas peminjam kami sangat puas dengan pembiayaan yang diberikan oleh Modal Rakyat,” tambah Hendoko.

Selain itu, Hendoko juga mengatakan bahwa penentuan bunga pinjaman sangat bergantung pada pemberi pinjaman. Menurut dia, jika bunga yang diminta pemberi pinjaman turun, kemungkinan besar bunga pinjaman juga akan turun.

Perlu diketahui, Ibukota Rakyat bisa memberikan pinjaman kepada UMKM hingga Rp 2 miliar, dengan rata-rata tenor maksimal hingga 120 hari dengan jaminan berupa faktur dari pembayar.

Baca:  Multifinance siap bayar obligasi yang bakal jatuh tempo

Sedangkan untuk mikro, pinjaman tanpa jaminan memiliki tenor hingga 14 hari dan nilai pinjaman sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 2 juta dengan syarat harus terdaftar sebagai agen Payfazz dan memenuhi persyaratan tertentu.



Komentar