Sisihkan THR Anda untuk Dana Darurat

by -21 views
Sisihkan THR Anda untuk Dana Darurat

Reporter: Tim KONTAN | Editor: sulistyorini yang indah

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Menjelang Idul Fitri, tunjangan hari raya atau THR menjadi angin segar bagi para pekerja. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin meningkat.

Sayangnya, jika tidak dikelola dengan baik, THR justru lebih seperti angin. Tanpa terasa rezeki yang datang menjelang Lebaran justru ambruk, sebelum mempertimbangkan urusan yang lebih diutamakan.

Menempatkan uang THR sebagai dana darurat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk pekerjaan saat terjadi pandemi juga merupakan hal yang penting dan baik. Apalagi, jika saat ini Anda tidak memiliki dana darurat, uang THR bisa digunakan untuk mengisi celah di dana darurat tersebut.

Baca juga: Agar tidak asal lulus, gunakan THR dengan cara ini

Dana darurat membuat keuangan Anda stabil di masa depan. Jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat yang mengharuskan Anda mengeluarkan cukup banyak uang, Anda bisa menanganinya tanpa mengganggu pos keuangan lainnya. Anda tidak perlu khawatir kesulitan membiayai kebutuhan lainnya.

Baca:  Nasib bisnis asuransi perjalanan pada tahun ini masih belum pasti

Langkah pertama dalam mempersiapkan dana darurat adalah memeriksa dan memahami kondisi keuangan Anda. Ini dapat dilakukan dengan mencatat dan memetakan pendapatan dan pengeluaran rutin setiap bulan.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah menyiapkan anggaran belanja, termasuk anggaran untuk tabungan dan investasi.

Ketiga, dana darurat sebaiknya disimpan di rekening khusus yang terpisah dari rekening yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan rekening tabungan atau investasi.

Anda bisa menyisihkan dana darurat dengan mengikuti program deposit dari J Trust Bank. Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling Deposito J Trust One di mana nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan manfaat kombo, dengan menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito 6,50% pertahun dan tabungan 4,25% pertahun.

Program bundling Setoran J Trust One akan diadakan mulai tanggal 15 April hingga 31 Mei 2021. Baik nasabah lama maupun baru dapat mengikuti program khusus ini, yang penting dana yang disetorkan adalah dana baru alias dana segar.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal di Tabungan J Trust One. Minimal dana keanggotaan Rp 100 juta dengan komposisi 66% untuk simpanan dan 34% untuk tabungan J Trust One. Penempatan dana maksimal dalam program ini tidak dibatasi.

Baca:  Laba bisnis BNI di Korea tumbuh 73,9% dalam 5 tahun terakhir

Untuk mendapatkan simpanan khusus dan bunga tabungan dari program deposito J Trust One, dana yang disimpan di Tabungan J Trust One akan dibuat memegang dengan tenor yang sama dengan setoran yang dipilih. Saat ini terdapat dua pilihan jangka waktu penempatan dana untuk program deposito J Trust One, yaitu 1 bulan dan 3 bulan.

Hasil bunga deposito dapat dibayarkan setiap bulan ke rekening Tabungan J Trust One. Sedangkan ketentuan biaya administrasi bulanan pada deposito J Trust One tetap berlaku. Selain itu, Tabungan J Trust One dapat digunakan sebagai rekening penampungan untuk hasil bunga deposito.

Sebagai informasi, bunga deposito dari program deposito J Trust One hanya dapat dicairkan setelah tanggal jatuh tempo. Selain itu, terdapat risiko perubahan suku bunga tabungan akibat penyesuaian kebijakan bank.

Baca:  Produk asuransi berbalut investasi bakal dorong laba asuransi umum

Simpanan dana nasabah tunduk pada ketentuan yang sesuai dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Begitu pula nilai simpanan yang dijaminkan untuk setiap nasabah pada satu bank telah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut maka rekening nasabah dinyatakan sebagai rekening tidak aktif (akun tidak aktif) dan akan diblokir oleh sistem. Nasabah harus datang ke cabang pembukaan rekening untuk mengaktifkan kembali rekening tersebut.

Keanggotaan program deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Namun, untuk produk deposito yang jatuh tempo dalam program ini dapat diperpanjang dengan suku bunga standar (tingkat counter).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang program deposito J Trust Bank, silakan kunjungi halaman kami www.jtrustbank.co.id.



Komentar