MDI Ventures dan KB-MDI Centauri suntik modal ke penyedia layanan keuangan Cermati

by -21 views
MDI Ventures dan KB-MDI Centauri suntik modal ke penyedia layanan keuangan Cermati

ILUSTRASI. Pejalan kaki lewat di dekat spanduk Modal Ventura di Jakarta. KONTAN / Cheppy A. Muchlis

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

Indonesiaonline.co.id – JAKARTA. Dalam rangka menumbuhkan inovasi anak bangsa, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, MDI Ventures mengikuti pendanaan Seri C untuk Cermati pada April 2021. Pendanaan Seri C akan digunakan untuk membangun tim, meningkatkan, dan memperluas penawaran produk, mengembangkan teknologi, memperluas kemitraan dan distribusi produk.

Sebagai gambaran, Cermati adalah salah satu perusahaan fintech di Indonesia yang menawarkan berbagai produk keuangan kepada lebih dari 20 juta pengguna. Salah satu produk yang dikelolanya antara lain Cermati.com, a pasar untuk produk keuangan dengan trafik terbesar di Indonesia.

Antara lain, lini bisnis yang dijalankan asuransi digital melalui Cermati Protec dan bisnis fintech lending. Melalui Big Data dan AI, Cermati berencana untuk berkembang asuransi mikro dan juga produk pinjaman mikro menargetkan pasar yang kurang terlayani.

Baca:  Cek kurs dollar rupiah di Bank Mandiri jelang tengah hari ini, Senin 22 Maret 2021

Baca juga: Setahun setelah pandemi, dikatakan bahwa permodalan bank masih kuat meski biaya pencadangan meningkat

Dengan dukungan TelkomGroup sebagai salah satu investor utama, Cermati akan memperluas distribusi produknya melalui jaringan luas yang dimiliki TelkomGroup dan perusahaan lain serta Badan Usaha Milik Negara. “Kami juga mendukung Cermati dalam menawarkan produk asuransi mikro dan pinjaman mikro berperan penting dalam inklusi keuangan Indonesia, ”kata CEO MDI Ventures, Donald Wihardja dalam siaran persnya, Rabu (5/5).

Bersama MDI Ventures, KB Financial Group juga mengambil bagian dalam investasi Cermati melalui KB-MDI Centauri Fund.

“Kami melihat bahwa Cermati adalah satu perusahaan fintech yang memiliki potensi pertumbuhan yang masih sangat besar. Dengan ekosistem yang dimiliki TelkomGroup dan KB Financial Group, kami dapat membantu mempercepat penetrasi keuangan tidak memiliki rekening bank dan populasi yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia melalui Cermati “kata Managing Partner Dana Centauri, Kenneth Li.

Baca:  Bank Sinarmas luncurkan asisten virtual bernama Prissa

CEO dan Pendiri Bersama Cermati.com, Andhy Koesnandar menjelaskan pihaknya sangat senang bisa bermitra dengan MDI Ventures yang memiliki keahlian dalam membangun perusahaan. memulai.

“Kami berharap dapat memanfaatkan jaringan MDI yang kuat di lingkungan TelkomGroup dan BUMN untuk meningkatkan kapabilitas produk dan aset kami. Investasi dan sinergi ini akan mempercepat visi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu mewujudkan inklusi keuangan,” ujarnya.

Baca juga: Meski biaya provisi meningkat, diklaim permodalan bank masih kuat

Sejalan dengan semangat TelkomGroup yang bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang fokus pada ranah bisnis digital, terjalinnya kerjasama dengan Cermati menjadi salah satu jawaban atas tantangan industri digital, mendukung digitalisasi nasional, dan internalisasi. agenda transformasi.

Baca:  Setahun pandemi, kecukupan modal perbankan (CAR) masih kokoh di level 24,18%

Direktur Portofolio Strategis Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan investasi di Cermati akan melengkapi ekosistem fintech digital yang sedang dikembangkan oleh MDI sebagai modal usaha perusahaan TelkomGroup.

“Kedepannya diharapkan akan terjalin peluang kerjasama antara entitas anak dengan unit bisnis TelkomGroup dengan Cermati untuk menghasilkan produk-produk digital yang inovatif khususnya di sektor tersebut. layanan keuangan sehingga bisa berdampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, ”kata Budi.



Komentar