Pemerintahan

Antisipasi Kendaraan Mogok dan Bikin Macet, Pemkot Batu Siapkan Mobil Derek Gratis 24 Jam

INDONESIAONLINE – BATUTIMES – Kepadatan lalu lintas kerap terjadi saat liburan dan akhir pekan akibat tingginya tingkat kunjungan wisatawan di Kota Batu. Untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang mogok saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang, Pemkot Batu mulai ancang-ancang menyediakan mobil derek gratis bagi pengendara yang membutuhkan.

Mobil derek ini dihadirkan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kendaraan yang mogok ketika di jalan. Sehingga, mobil segera dapat dievakuasi agar tidak menimbulkan kemacetan. 

Untuk menyewa jasa mobil derek ini masyarakat tidak perlu merogoh kocek. Mobil derek ini memiliki kapasitas alat penarik sepanjang 12 meter. Lalu juga bisa menarik beban hingga 400 kilogram. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Susetya Herawan mengatakan, fasilitas yang diperuntukkan masyarakat itu karena seringkali saat terjadi kecelakaan di Kota Batu. Selama ini, untuk mendereknya menggunakan mobil derek milik swasta.

“Mobil derek ini kita hadirkan untuk membantu evakuasi kendaraan mogok hingga disebabkan karena kecelakaan. Melihat memang selama ini mobil derek yang didatangkan itu milik swasta,” kata Herawan.

Untuk menggunakan jasa mobil derek ini masyarakat tidak akan ditarik biaya. Sebab ini merupakan pelayanan yang diberikan dari Pemkot Batu untuk masyarakat.

“Bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas tersebut, masyarakat bisa menghubungi pusat informasi mobil derek di nomor 085-101-357-116,” imbuhnya.

Layanan itu dipersiapkan selama 24 jam. Sebab ia memperkirakan saat liburan Nataru itu diperkirakan mencapai 200 ribu kendaraan yang akan memenuhi jalanan di Kota Batu.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close