Pendidikan

Beri Ruang Ekspresi, Peran Krusial Jurnalis Gema untuk UIN Malang

INDONESIAONLINE – Peran tim jurnalis dalam suatu institusi sangat krusial. Tanpa adanya pewarta, maka kegiatan-kegiatan, kebijakan, maupun terobosan suatu institusi tak akan nampak di masyarakat umum.

Hal ini disampaikan oleh M. Anwar Firdausy, Pimpinan Redaksi Tabloid Gema Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) kepada 35 siswa MA Maarif NU Bangil di di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat lantai 4, Senin (23/12/2019).

“Tanpa adanya pewarta, maka suatu institusi tak akan nampak di masyarakat umum. Bukti eksistensi tidak akan ada. Seberapa besar pun institusi tersebut, ia akan mati,” katanya.

Para siswa itu tergabung dalam Tim Jurnalistik sekolah. Mereka mengunjungi dapur redaksi Tabloid Gema UIN Malang untuk mengetahui proses penerbitan informasi di lingkungan kampus. Meski liburan semester, mereka tetap belajar dengan semangat.

Tugas utama jurnalis dalam institusi, lanjut Anwar, tidak jauh berbeda dengan jurnalis di media massa pada umumnya. Yakni, mempublikasikan segala hal yang terjadi di sekitarnya.

“Kalau di kampus atau sekolah, jurnalis juga harus mempublikasikan kebijakan atau aturan baru yang baru diresmikan pimpinan,” imbuhnya.

Tak hanya menjelaskan jurnalistik dalam institusi, tim Tabloid Gema juga memberi simulasi bagaimana setiap harinya suatu berita diproses. Mulai dari menyiapkan bahan tulisan dan foto untuk diunggah di laman resmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, membuat materi untuk sosial media resmi kampus, hingga layout tabloid fisik.

Emilia Khusnul Khotimah, Guru Bimbingan Konseling sekaligus pembina Majalah El-Kalam menyatakan bahwa peserta kunjungan redaksi ialah anggota baru yang masih belajar Jurnalistik dasar.

“Kami ingin agar Redaksi El-Kalam lebih baik lagi,” harap guru berkacamata tersebut.

Di akhir acara, tim Tabloid Gema juga mengadakan tanya jawab dengan para jurnalis sekolah tersebut dan membagikan beberapa hadiah.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close