Hukum dan Kriminalitas

Butuh HP Android, Pria Ini Satroni Rumah Tetangganya Sendiri

INDONESIAONLINE – Akibat aksi nekatnya, Agus Niawan warga Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, kini harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pria 40 tahun itu, diringkus petugas karena terbukti mencuri handphone (HP) milik tetangganya sendiri.

”Setelah mendapatkan laporan pencurian, tiga hari berselang tersangka Agus berhasil kami amankan saat yang bersangkutan sedang berada di rumahnya,” kata Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah, Senin (23/12/2019).

Berdasarkan laporan kepolisian, aksi pencurian ini terjadi pada Jumat (20/12/2019) siang. Tepatnya sekitar pukul 14.00 WIB, tersangka yang memastikan situasi aman masuk kedalam rumah tetangganya melalui pintu utama.

”Saat melancarkan aksinya, di lokasi kejadian sedang sepi. Korban ketika itu sedang tidak ada di rumah,” terang anggota polisi yang akrab disapa Ainun ini.

Setelah mendapatkan barang curian yang diincar, tersangka bergegas kabur melalui jalan semula. Sepulang dari berpergian, korban yang mendapati HP miliknya sudah tidak ada di tempat, memilih melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian.

Mendapat laporan, Unit Reskrim Polsek Lawang dikerahkan untuk melakukan penyelidikan. Dari olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan keterangan beberapa saksi yang dihimpun petugas. Pelaku pencurian mengarah kepada Agus Niawan.

Tanpa menunggu lama, pria yang berusia kepala empat ini langsung diringkus petugas saat yang bersangkutan berada di kediamannya, Senin (23/12/2019) dini hari.

Meski sempat mengelak, tersangka akhirnya hanya bisa pasrah saat digelandang ke kantor Polsek Lawang, lantaran petugas mendapati HP Oppo F3 Plus milik korban yang disimpan di rumah pelaku.

”Kasusnya masih dalam tahap pengembangan, diduga kuat tersangka sudah sering melancarkan aksi pencurian di beberapa lokasi lainnya. Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun,” ujar Ainun.

Sementara itu, dihadapan penyidik tersangka Agus mengaku terpaksa melancarkan aksi pencurian di rumah tetangganya sendiri. Dia berdalih butuh HP untuk keperluan sehari-hari. ”Rencananya tidak saya jual, saya pakai sendiri. Terpaksa, tidak punya uang untuk beli HP,” celetuknya.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close