Hiburan

Cari Rilisan Fisik Musik Indie, Metal, hingga Klasik Lengkap? Temukan di Toko Ini

INDONESIAONLINE – Zaman terus mengalami perubahan seiring dengan teknologi yang kian maju. Majunya teknologi ini turut mengubah pola hidup masyarakat dari berbagai bidang di mana semua serba cepat, mudah, dan instan, tak terkecuali dalam mendengarkan musik.

Industri musik kini telah mengalami perubahan, dari era rilisan fisik menuju digital. Layanan musik daring kini sudah banyak dipakai lantaran memberikan kemudahan dalam membeli atau mendengarkan musik.

Meski demikian, masih ada orang-orang yang setia pada rilisan fisik. Alasannya ada berbagai macam, mulai dari hobi mengoleksi, fetish, kualitas soundnya yang dirasa lebih berkualitas, sebagai bentuk apresiasi terhadap karya dan musisinya, dan lain-lain.

Dan di tengah hantaman industri digital ini, ternyata masih terdapat record store yang menjual berbagai rilisan fisik, mulai dari CD, iaset, hingga vinyl. Di Kota Malang sendiri, yang sejauh ini bisa dibilang memiliki koleksi yang komplit adalah Toko Rekam Jaya yang berlokasi di Jalan Candi Mendut No. 11.

Toko Rekam Jaya bisa ditemukan dalam kafe EscapeEscape. Di dalamnya, menjual CD, kaset, vinyl, dan pernak-pernik yang berhubungan dengan musik seperti merchandise, kaos, buku musik, player, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa membaca zine-zine yang tersedia, bahkan memfotokopinya.

“Jumlahnya kalau kaset sekarang ini sekitar 200 sampai 300 an. CD juga kurang lebih segitu. Kalau vinyl di sini stoknya sekitar 40-an,” ucap Samack, salah satu pengelola Toko Rekam Jaya kepada MalangTIMES.

Ia mengungkapkan, di Malang memang jarang ada yang mencari vinyl. Untuk itu dirinya tidak menyediakan stok banyak.

“Biasanya vinyl-vinyl metal yang laku, sama yang lawas-lawas Indonesia,” imbuhnya.

Koleksinya sendiri lumayan komplit. Samack mengungkapkan, koleksinya lebih banyak band-band indie dan band-band underground.

“Mulai cari Payung Teduh sampai Black Sabbath ada di sini. Mau cari Tani Maju sampai Burgerkill ada di sini,” katanya.

Band-band yang saat ini disenangi anak muda juga ada. Mulai dari Feast, Homicide, Coldiac, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, koleksi pun klasik juga tersedia. Mulai dari The Beatles, Bob Dylan, Iwan Fals, dan lain-lain.

“Selama ini yang paling banyak dicari itu yang nama-namanya populer, seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company, Danilla,” ungkapnya.

Sementara untuk rilisan fisik musisi luar negeri, yang kebanyakan dicari kata Samack adalah rilisan-rilisan dari musisi klasik. Seperti The Beatles, Radiohead, Bob Dylan, dan band-band klasik lainnya hingga musik-musik hip-hop.

Pelanggan yang datang bervariasi, mulai dari anak-anak SMA hingga om-om berusia 40-an.

“Kebanyakan yang beli kolektor-kolektor. Mereka sudah lama mengoleksi kaset dan CD. Pas ada ini (Toko Rekam Jaya) ya jadi makin sering main ke sini untuk hunting,” bebernya.

Menurut Samack, penikmat rilisan fisik sendiri bisa dikatakan adalah penikmat musik yang serius. Meski demikian, bukan berarti pendengar digital adalah penikmat yang tidak serius.

“Biasanya kalau dia penikmat musik yang serius basicly sih dia dengerin musiknya dari rilisan fisik karena dari rilisan fisik itu biasanya dia lebih fokus, lebih konsentrasi, ada passionnya, ada fetishnya juga. Meskipun bukan berarti yang pendengar digital juga nggak serius,” paparnya.

Samack mengelola Toko Rekam Jaya sejak Oktober 2019 bersama dengan dua orang rekannya, yakni Radinang Hilman dan Andi Alo. Kata Samack, ketiganya memang hobi mengoleksi dan menjual rilisan fisik.

Samack sebelumnya sudah menjual rilisan fisik secara online. Ia juga mewakili DeMajors Malang. Sementara Hilman sempat memiliki record store yakni Reka Records. Dan Alo memiliki label Barongsai Records dan membuka lapak rilisan fisik.

“Sebetulnya udah hobi mulai lama dan udah jalanin mulai lama. Mungkin kemarin-kemarin baru online jualannya. Kalau sekarang ada tempat. Dari dulu cita-citanya ya memang punya record store,” timpalnya.

Di Malang sendiri Toko Rekam Jaya adalah satu-satunya record store yang menyediakan koleksi komplit. Record store di luar kota di Jawa bisa ditemukan di Jakarta, Bandung, dan Jogja.

Nah, jika kamu seorang yang senang mengoleksi CD, kaset, atau vinyl, atau yang tertarik untuk menjadi pengoleksi, bisa menyiapkan budget mulai Rp 25 ribu untuk ke Toko Rekam Jaya.

Untuk kaset range harganya mulai Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu. Sementara untuk CD mulai Rp 25 ribu hingga Rp 200 ribu. Untuk vinyl mulai Rp 150 ribu hingga Rp 700 ribu.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close