Peristiwa

Hati-Hati Konsumsi Jamu, Warga Malang Ingin Bugar Malah Masuk Rumah Sakit

INDONESIAONLINE – Reza Al Hadad, warga asli Jalan Nyamplung gang 10, Surabaya harus bernasib apes. Niat ingin memiliki tubuh bugar dengan meminum jamu tradisional, malah membuat Reza harus mendapat perawatan di rumah sakit. 

Kejadian ini berawal saat Reza membeli jamu pada 20 Desember 2019 lalu. Korban membeli jamu di depan kediamannya di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang yang dijual oleh salah seorang pedagang keliling yang belum diketahui identitasnya.

Kemudian, sekitar pukul 04.30 WIB, korban yang saat itu berada di Jalan Tumenggung Suryo, Kota Malang mengalami muntah sebanyak dua kali. Setelah itu, korban kemudian berinisiatif pulang dan meminum air putih kemudian istirahat.

Keesokan harinya, ketika akan berangkat ke Surabaya pada pukul 08.00 WIB, korban merasa pusing, mual dan muntah-muntah. Karena tak ingin terjadi sesuatu, kemudian pihak keluarga membawa korban ke RSSA Kota Malang guna mendapatkan perawatan.

Diduga ada kelalaian mengonsumsi jamu yang diduga berbahaya, lantas pihak keluarga korban melaporkan peristiwa keracunan itu ke Polresta Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata, melalui Kasubag Humas Polresta Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni membenarkan jika terdapat laporan pihak keluarga yang melaporkan penjual jamu.

“Sudah dilaporkan ke Polresta. Saat ini masih dalam penyelidikan,” jelasnya (23/12/2019).

Pasal yang mengancam pelaku penjual jamu, yakni Pasal 197 Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan atau Pasal 62 ayat (1) junto Pasal 8 ayat (1) huruf A dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Jika terbukti bersalah pelaku terancam hukuman di atas lima tahun penjara.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close