Politik

Ini Alasan KPU RI Pilih Jatim Park Jadi Tempat Rumah Pintar Pemilu Nantinya

INDONESIAONLINE – Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional siap menghiasai wisata edukasi di Kota Batu, akhir tahun ini. Tak tanggung-tanggung Jawa Timur Park jadi pilihan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Alhamdulillah diberi kepercayaan mendirikan RPP di Jawa Timur Park 1. Kota Batu dipilih kenapa? Karena menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai,” ungkap Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat Sosialisasi Pendidikan Pemilih KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

“Dan memang ditunjuknya RPP di Jatim Park ini juga permintaan KPU RI langsung, juga paling terkenal di Jawa Timur,” imbuhnya kepada MalangTIMES.

Ia menambahkan jika fasilitas RPP yang ada di sana semuanya serba digital. “Terinput dengan panel info ada layar touchscreen,” ucap Gogot.

Sehingga di sana wisatawan bukan hanya sekadar wisata, namun juga mendapatkan edukasinya. “Tidak hanya berkunjung wisata, berlajar pemilu,” tambahnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Batu, Divisi Sumber Daya Manusia Peranan Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan, Marlina menambahkan, RPP di JTP 1 itu akan memiliki tiga ruangan. Ruangan pertama berupa ruang visualisasi yang berisikan laptop, serta layar sentuh yang digunakan oleh pengunjung untuk mengisi kuesioner. 

Pengunjung diharapkan memiliki pemahaman tentang pemilu setelah keluar dari ruang pertama. “Selanjutnya pengunjung akan ke ruangan kedua, merupakan ruang simulasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, ruang itu akan diisi dengan tiruan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kursi-kursi dan bilik suara akan diatur persis berdasarkan urutan seperti pada TPS pada saat Pemilu berlangsung. Dan ruang terakhir, akan diisi dengan ruang diskusi dan edukasi.

“Di ruangan itu nantinya akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, jurnal-jurnal, dan sebagainya. Yang jelas akan ada berbagai infografis dan data seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Calon Legislatif, Daftar Calon Terpilih dan informasi kepemiluan lainnya dari setiap proses atau tahapan pemilu yang telah dilalui,” ucap Marlina.

Anggaran untuk RPP ini sudah disiapkan sebesar Rp 422 juta anggaran tahun 2019.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close