Pemerintahan

Kerusakan Jalan Madyopuro Dikeluhkan, Dewan Minta Pemkot Perkuat Pengawasan

INDONESIAONLINE – Kerusakan jalan yang tergolong parah di kawasan  Madyopuro banyak dikeluhkan masyarakat. Itu lantaran lubang terdapat di hampir sepanjang Jalan Madyopuro. Masyarakat pun mendesak agar jalan segera diperbarui dan tak membahayakan

Menanggapi itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Fathol Arifin menyampaikan, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas PUPR selama ini memiliki anggaran tak terduga. Anggaran tersebut salah satunya adalah untuk membenahi jalan yang rusak. Sehingga dia mendorong agar dinas terkait segera melakukan pembenahan.

“Kerusakannya memang sangat parah, maka saya akan dorong agar PUPR segera benahi. Nanti saya sampaikan langsung ke Pak Kepala Dinas,” katanya saat ditemui usai upacara Peringatan Hari Ibu dan Hari Bela Negara yang berlangsung di Balai Kota Malang, Senin (23/12/2019).

Lebih jauh Fathol menyampaikan, kerusakan jalan sebenarnya tidak hanya terjadi di Jalan Madyopuro saja. Kerusakan banyak terjadi di beberapa kawasan lain. Hal itu dia nilai berkaitan dengan kualitas jalan yang dikerjakan oleh rekanan.

Sehingga, dewan pun mendorong agar Dinas PUPR meningkatkan pengawasan. Terutama saat  pengerjaan jalan. Sehingga kualitas jalan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, jangan sampai kerusakan seolah menjadi langganan setiap tahun, utamanya saat musim hujan seperti sekarang.

“Perencanaan juga harus diperketat. Kejadian serupa harus dimininalisasi pada 2020 mendatang,” ucap Fathol.

Sementara, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan Jalan Madyopuro merupakan salah satu prioritas pembangunan pada 2020. Kawasan jalan rusak di perbatasan wilayah Kota  Malang dan Kabupaten Malang itu sudah masuk perencanaan untuk dibangun tahun depan. “Sudah direncanakan. Itu akan dibangun tahun depan,” katanya.

Lebih jauh Sutiaji menegaskan, kawasan Jalan Madyopuro  memang perlu ada penanganan khusus. Pasalnya, di sana terdapat saluran irigasi yang perlu ditingkatkan agar tak mengikis jalan.

“Jadi, kanan kiri ada saluran irigasi. Dii kawasan Madyopuro sudah dibangun. Itu nanti ada kaitannya dengan Kabupaten Malang di kawasan atasnya. Akan kami koordinasikan,” pungkas Sutiaji.

Berdasarkan pantauan MalangTIMES, kawasan jalan rusak di Jl Madyopuro cukup parah. Jalan berlubang berada di perbatasan Kota Malang dan Kabupaten Malang hingga sesudah jembatan layang tol Malang-Pandaan.

Kerusakan parah juga terlihat di kawasan pertigaan Masjid Madyopuro. Akibat jalan yang rusak, kawasan tersebut juga sering terjadi kemacetan. Sebab, kendaraan bergantian melalui jalur yang masih bisa dilewati.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close