Transportasi

Mundur dari Target, Jembatan Muharto Baru Dibuka Besok

INDONESIAONLINE – Jembatan Muharto urung beroperasi seperti sediakala pada Senin (23/12/2019). Sampai siang ini, jembatan masih ditutup dan belum diperbolehkan untuk dilewati. Hal itu dikarenakan proses pemasangan penyangga atau penguatan jembatan masih belum rampung 100 persen.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto menyampaikan, pengerjaan fisik oleh Dinas PUPR baru akan selesai pada Selasa dini hari. Sehingga, jembatan diprediksi bisa kembali dilalui pada Selasa (24/12/2019) besok pagi.

“Informasi dari PUPR demikian, akan selesai dikerjakan nanti malam dini hari. Jadi bisa dilewati besok pagi,” katanya pada wartawan, Senin (23/12/2019).

Dalam surat edaran yang dibuat sebelumnya, pemasangan penyangga Jembatan Muharto direncanakan selesai pada Sabtu (21/12/2019) kemarin. Namun urung dibuka dan difungsikan seperti sediakala.

Sebelumnya Handi juga menyampaikan, rekomendasi penutupan total salah satunya adalah mempertimbangkan agar pengerjaan dapat berjalan lebih rapi, aman dan cepat sesuai tenggat waktu yang diharapkan. Sehingga jembatan dapat kembali dilintasi dalam waktu dekat.

“Kawasan yang ditutup dari pertigaan Kutobedah Polehan dan perempatan pasar Kebalen Jodipan. Ada beberapa jalur alternatif dan jalan utama lain yang bisa dilalui pengendara,” imbuh mantan Kasatpol PP Kota Malang itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemasangan penyangga Jembatan Muharto merupakan rekomendasi yang kemudian dilaksanakan Pemerintah Kota Malang. Pemasangan dilakukan sebab kondisi konstruksi jembatan yang hanya tinggal 40 persen.

Pembangunan Jembatan Muharto belum dapat dilaksanakan dalam tahun anggaran 2020. Dikarenakan penetapan APBD 2020 telah disahkan. Sementara kondisi Jembatan Muharto baru diketahui saat penyusunan APBD 2020 telah disepakati. Sehingga untuk mempertahankan kondisi jembatan, maka dipasang penyangga menggunakan anggaran belanja tak terduga 2019 senilai Rp 1,3 miliar.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close