Peristiwa

Sinta Priwit Ciptakan Lagu Untuk Penyandang Disabilitas asal Malang

INDONESIAONLINE – Musisi Sinta Priwit sukses membuat lagu sekaligus video klip untuk penyandang disabilitas dari MIT Ar Roihan Lawang, Kabupaten Malang, Tiara. Lagu tersebut diberi judul ‘Aku Tahu Aku Mampu’.

Sebagai seorang musisi, menciptakan lagu adalah hal yang selalu dilakukan karena ingin eksistensinya tetap diakui. Hal itu yang juga dilakukan oleh Sinta Priwit. Tapi berbeda dengan lainnya, kali ini lagu yang diciptakan Sinta Priwit diberikan kepada anak penyandang disabilitas asal Malang.

Diawali dengan perjumpaan Shinta Priwit dan Tiara, seorang anak difabel istimewa di acara peringatan Hari Anak Nasional 2018 yang diselenggarakan di Kebun Raya Purwodadi. Di acara tersebut, dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Tiara terlihat sangat bersemangat mengikuti gerakan tari bersama seluruh peserta anak lainnya dengan diiringi jingle “Raih Mimpi” ciptaan Sinta Priwit.

Lagu tersebut berisi kalimat positif dan motivasi dibuat untuk membangkitkan semangat anak Indonesia meraih mimpi. Sinta Priwit melihat semangat Tiara yang luar biasa tersebut kemudian memberikan kesempatan untuk bernyanyi.

Ternyata Tiara juga memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa. Saat itu Sinta Priwit berjanji suatu hari akan membuatkan lagu dengan tema motivasi untuk Tiara nyanyikan sebagai penyemangat untuk dirinya dan teman-temannya.

Konsep musik yang ditawarkan oleh Sinta saat berkarya memang cukup umum, yaitu pop. Akan tetapi, ia tidak lantas sekedar membuat musiknya dengan gaya pop standar. Sinta mencampurkannya dengan beragam genre seperti jazz, dangdut, rock, blues, hingga disko.

Pada bulan Desember 2019 yang bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional, Sinta Priwit menyelesaikan pembuatan lagu berjudul “Aku Tahu Aku Mampu” untuk Tiara yang bersekolah di MIT Ar Roihan Lawang Malang. Lagu ini berisi motivasi dan keyakinan bahwa Aku Tahu Aku Mampu meraih cita-cita dan mewujudkan mimpi walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.

Proses persiapan produksi lagu ini bersamaan dengan promo single Sinta Priwit yang berjudul Indahnya Hariku. Walaupun dengan waktu yang terbatas dan segala rintangan yang ada, Sinta Priwit dan Tiara mampu menyelesaikan seluruh proses mulai dari awal rekaman hingga pembuatan video klip.

Keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yakni Rachmat Ady yang mengaransemen musiknya, sahabat-sahabat Tiara anak inklusi, D’Kross, Kebun Raya Purwodadi (LIPI), Fachroji untuk pembuatan video klip serta tentunya dengan dukungan penuh dari SIP Management.

Selanjutnya lagu Aku Tahu Aku Mampu ini akan menjadi bagian dari program besar untuk meningkatkan motivasi anak inklusi sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap isu anak yang Insyaa Allah akan didukung oleh beberapa komunitas, lembaga serta instansi pemerintah.

“Awal ceritanya itu ya aku ketemu sama adik Tiara di acara Hari Anak Nasional 2018 waktu itu di Kebun Raya Purwodadi. Nah, kebetulan ada Tiara disitu dan aku banyak bikin lagu tentang untuk anak-anak. Tiara ini diberikan keistimewaan sama Allah dengan keterbatasannya, tapi dia punya spirit yang luar biasa. Jadi kupikir gimana caranya, pokoknya aku pengen dia ada satu lagu, tapi tetap memberikan semangat, Jadi motivasi juga untuk teman-teman. Akhirnya jadi itulah Lagu Aku Tahu Aku Mampu,” ungkap Sinta Priwit saat dijumpai MalangTIMES belum lama ini.

Sinta mengaku bahwa isi dalam lagu tersebut tentang semangat bahwa semua manusia pasti bisa melakukan sesuatu hal. “Dalamnya ya pokoknya tentang bersyukur, bahwa Tuhan itu sayanglah sama semua. Dan lebih memantapkan hati meyakinkan bahwa ya dia mampu, untuk meraih cita-cita pasti bisa. Jadi Alhamdulillah dia sama lagu itu juga happy,” katanya.

Lebih dari itu nanti ketika proses launching lagu sudah dilakukan, Sinta Priwit berharap ada pihak yang melirik untuk mendukung pembuatan lagu bagi anak penyandang disabilitas. Karena ia merasa anak difabel juga memiliki kesempatan untuk berkarya.

“Pertama ini memang niat awalnya untuk Tiara dan sahabat-sahabat Tiara juga, namun pasti untuk seluruh anak Indonesia juga. Jadi semoga juga nanti banyak lembaga, komunitas, termasuk instansi Pemerintah misalnya dari termasuk Pemprov, karena ini jatuh ya di Jawa Timur dan tentunya di pusat misalnya Kementerian Sosial, mudahan bisa mendukung menjadi satu program yang besar, yang bisa lebih bermanfaat lagi untuk banyak anak seperti Tiara,” harapnya.

Sementara itu, lagu untuk Tiara akan di launching pada Januari mendatang, tapi Sinta mengatakan bahwa momen tersebut tinggal menunggu saja. Jika dirasa tepat ia akan segera meluncurkan lagunya. “Sebenarnya rencananya Januari, cuma mungkin pre launch di Januari, cuma sebenarnya pengen ada di bulan Maret pas banget hari musik. Tapi kalau memang tidak ya tinggal rilis saja,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close