Agama

Kerap Jadi Jujugan Jemaat, Gereja Katedral Tambah Ribuan Bangku saat Misa Natal

INDONESIAONLINE – INDONESIAONLINE – Perayaan Natal bagi umat Kristiani mulai berlangsung pada hari ini (Selasa, 24/12). Para jemaat biasanya akan berbondong-bondong melaksanakan ibadah Misa Malam Natal.

Di Kota Malang, Gereja Santa Maria dari Gunung Karmel atau biasa disebut Gereja Katedral kerap dibanjiri ribuan jemaat. Karena itu, di malam peribadatan Misa menyambut Natal 2019 ini, gereja yang berada di kawasan Ijen, Kota Malang, tersebut  telah menyiapkan tambahan 2.000 bangku.

Terlebih, saat ini sudah memasuki musim liburan. Karena itu,  diprediksi jemaat yang akan beribadah di Gereja Katedral akan lebih banyak. Apalagi banyak wisatawan yang datang dan kerap juga mengikuti ibadah misa di Kota Malang.

Bangku-bangku tersebut akan disajikan di luar area gereja. Pasalnya, area peribadatan di dalam hanya mampu menampung 800 orang. 

“Kami menambah kapasitas 2.000 bangku bagi para jemaat yang akan beribadah di sini. Karena Katedral ini pusatnya keuskupan, sehingga jemaah bisa datang dari mana saja. Tahun lalu mencapai 3.000 jemaah lebih,” ungkap Ketua Dewan Paroki Gereja Katedral Ijen Nugroho Sugi Wijono.

Ibadah Misa Malam Natal sendiri akan berlangsung selama tiga kali, yakni sejak pukul 16.30, 19.00, dan 21.30 WIB. Sedangkan untuk 25 Desember, ibadah terbagi menjadi tiga gelombang. Yakni kategori umum, anak-anak, dan lansia.

“Khusus Hari Natal, ibadah Misa ada lima gelombang. Namun secara khusus, ada untuk anak-anak dan lansia, mulai pukul 05.30 dan pukul 07.30,” jelas Nugroho.

Sementara, terkait pengamanan untuk kenyamanan pelaksanaan ibadah, pihak gereja juga ikut mempersiapkannya. Ada dua lapis, yaitu pengamanan internal atau lingkungan gereja serta eksternal dari pihak kepolisan dan jajaran samping.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close