Wisata

Mau Wisata Edukasi Perah Susu Sapi? Kota Batu Punya 5 Tempatnya

INDONESIAONLINE – Ingin mengisi libur panjang dengan wisata yang membuat buah hati memiliki pengalaman berkesan? Wisata edukasi susu perah bisa menjadi salah satu pilihan jika sedang berwisata di Kota Batu.

Sebab, kota yang dikelilingi pegunungan ini tak hanya menawarkan wisata alam dan wisata permainan. Kota Batu memiliki beragam pilihan wisata edukasi perah susu dengan fasilitas dan keunggulannya masing-masing. Saat ini, kurang lebih ada 5 lokasi yang bisa dijadikan tujuan. 

1. Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Desa Beji

Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Desa Beji, Kecamatan Junrejo di sana terdapat beragam fasilitas yakni Milk Factory yang memberikan wahana wisata mulai proses produksi susu pasteurisasi dan packaging. Lalu proses susu UHT dan packaging teknologi aseptik, serta proses pengolahan yogurt.

Lalu ada Farm Hall. Di sini wisatawan bisa memperoleh ilmu terkait proses packaging segala jenis keripik olahan. Juga terdapat Chocolate Factory yang menampilkan dan memproduksi produk olahan cokelat yang lezat. Wisatawan dapat pula melihat pemandangan alam dengan menikmati makanan dan minuman di kafe herbal.

Ada juga teknologi pengolahan pakan ternak berkualitas unggul. Wisatawan dapat melihat pengolahan pakan ternak sapi perah yang berkualitas dengan teknologi canggih sehingga dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas susu sapi yang bernilai gizi tinggi. 

Selain itu, terdapat wahana kincir angin hall. Wahana ini bagus untuk arena foto selfie khas Belanda dengan kincir anginnya yang dilengkapi dengan panorama alam Kota Batu. Bahkan wisatawan juga difasilitasi dengan kostum Belanda. WESB juga dilengkapi taman bermain anak, garden flower, dan sebagainya. 

2. Kampung Sapi di Desa Beji, Kecamatan Junrejo

Terletak di jalan Makam salah satu daya tarik utama Kampung Sapi yang terletak di Jalan Makam, Beji, ini adalah pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan sapi-sapi yang ada di sini. Ada guide yang siap memberikan penjelasan saat pengunjung melihat langsung hewan pemamah biak tersebut di bagian kandang.

Di kandang para wisatawan akan diberi kesempatan untuk memberi makan langsung sapi-sapi dengan menggunakan rumput. Selain itu mereka juga akan diajari cara untuk memerah susu sapi.

3. Wisata Edukasi Perah Susu di Dusun Brau

Sama halnya dengan Kampung Kungkuk, hanya saja memang di Dusun Brau itu sudah dikenal dengan tempatnya susu perah. Sehingga di sana menyuguhkan wisata edukasi susu perah tepatnya di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. 

4. Kampung Kungkuk

Di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji merupakan salah satu yang memiliki beragam destinasi wisata. Di sana wisatawan juga dapat memilih berwisata edukasi susu perah.

5.  Wisata Edukasi Perah Susu Sapi di Coban Talun

Coban Talun yang terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji tidak hanya sekedar menyuguhkan wisatanya alam. Tapi juga menyuguhkan wisata edukasi perah susu sapi yang dibuka untuk umum.

Untuk wisata edukasi biasanya akan digunakan dua ekor sapi betina. Di sana wisatawan akan mendapatkan segelas susu segar. Kemudian belajar memberikan makan sapi, dan cara memerah sapi. 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close