Transportasi

Tahun Baru Diprediksi Padat, Ini Jalur-Jalur Alternatif yang Disiapkan

INDONESIAONLINE – Malam pergantian tahun 2019 ke 2020, diprediksi, Kota Malang bakal dipadati kendaraan baik yang menuju Kota Malang maupun melintas di Kota Malang untuk menuju Kota Batu.

Untuk antisipasi kemacetan tersebut, Satlantas Polresta Malang Kota, bakal melakukan rekayasa lalu lintas yang nantinya akan dipusatkan pada pintu-pintu masuk menuju Kota Malang serta kawasan-kawasan yang seringkali terjadi kemacetan.

Pengaturan rekayasa lalu lintas nantinya akan dilakukan dengan sistem buka tutup, penggunan jalur alternatif, contraflow dan jalur dua arah menjadi satu.  

Pengaturan nantinya akan diterapkan manakala memang terdapat kepadatan lalu lintas dengan empat alternatif.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto menyampaikan, manakala terjadi kepadatan kendaraan,  nantinya telah disiapkan jalur-jalur alternatif untuk pengurangan kepadatan kendaraan.

“Malang ini kan kota wisata. Tidak bisa dipungkiri, akan ada kepadatan arus lalu lintas saat pergantian tahun nanti. Makanya kami sudah menyiapkan jalur-jalur yang bisa digunakan sebagai alternatif,” jelas Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto SIK, MH.

Lanjutnya, mengenai jalur alternatif yang siapakan ada empat. 

Yang pertama, apabila terjadi kemacetan di Jalan A Yani, arus dialihkan dari Simpang 3 Raden Intan diarahkan ke timur Jalan Panji Suroso, Jalan S.P Sudarmo, Jalan T Suryo, Jalan Pangilama Sudirman  Jalan Gatot Subroto, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Satsui Tubun, Jalam S Supriadi ke arah selatan ke arah Kepanjen.

Yang kedua, apabila nantinya terjadi kemacetan di Simpang 3 Universitas Brawijaya, maka akan dikoordinasikan dengan jajaran pemangku wilayah hukum setempat. 

Untuk arus dari Karanglo menuju Batu, akan diarahkan ke barat menuju Karangploso, Pendem Batu dan begitu juga sebaliknya.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang, Satlantas Polres Batu dan Satlantas Polres Malang,” jelasnya.

Jalar alternatif ketiga, apabila terjadi kemacetan di Jalan Simpang 4 LA Sucipto arus dari utara Jalan Raden Intan khusus kendaraan pribadi diarahkan langsung ke selatan melalui Fly Over Jalan A Yani, melalui Letjend S Parman, Jalan Letjend Sutoyo dengan sistem buka tutup diarahkan melalui Jalan Wr Supratman dan Jalan Pattimura menuju Jalan Panglima Sudirman.

Yang terakhir, apabila terjadi kemacetan di Jalan A Yani, tepatnya dikawasan Simpang 3 PDAM lama, maka arus kendaraan dari selatan menuju utara dialihkan ke barat menuju Jalan Borobudur, Jalan Sukarno Hatta, Tasikmadu dan keluar menuju Karangploso.

“Di sini kita juga menyiapkan tim urai kemacetan yang nanti bisa termonitor lewat radio atau telepon sehingga manakala ada laporan kita akan datang langsung untuk segera mengurangi kemacetan di lokasi tersebut,”pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close