Peristiwa

Amankan 224 Gereja di Kabupaten Malang, Seribu Personel Gabungan Dikerahkan

INDONESIAONLINE – Jelang perayaan malam natal, sekitar 1.000 personel gabungan bakal dikerahkan untuk melakukan pengamanan di seluruh gereja yang ada di Kabupaten Malang. 

Ribuan personel gabungan tersebut berasal dari unsur Polri-TNI, hingga Banser, Linmas, dan beberapa instansi serta ormas (organisasi masyarakat).

”Sekitar seribu pasukan gabungan ini sudah dikerahkan di 224 gereja yang tersebar wilayah Kabupaten Malang. Dari ribuan personel yang dikerahkan, sebanyak 484 personel gabungan berasal dari unsur TNI-Polri,” Kata Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, saat ditemui awak media disela agenda monitoring persiapan pengamanan natal, Selasa (24/12/2019) sore.

Dalam agenda pengamanan di tempat ibadah yang sudah berlangsung sejak 19 Desember 2019 ini. 

Mekanisme pengamanan yang diterapkan adalah, tiap gereja yang masuk kategori besar, bakal dijaga oleh 10 hingga 15 personel.

Sedangkan selain kategori tersebut, personel yang dikerahkan untuk melakukan penjagaan sejumlah 4 hingga 8 personel. 

”Sejauh ini semua titik masih aman. Kami akan terus melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan pihak gereja agar bisa menciptakan situasi yang aman dan kondusif saat perayaan natal,” ujar Ujung.

Perlu diketahui, Selasa (24/12/2019) Forkopinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang, juga menyempatkan diri untuk mengawasi langsung persiapan pengamanan di beberapa gereja yang ada di malang.

Dengan mengendarai sepeda motor trail, Bupati Malang HM Sanusi, Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol (Inf) Ferry Muzawwad serta rombongan lainnya nampak mengunjungi beberapa gereja di kawasan Malang Utara secara bergantian.

Bupati Malang HM Sanusi menjelaskan, pengamanan secara massal dan melibatkan banyak instansi ini, merupakan wujud kebersamaan Forkopinda Kabupaten Malang untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat. Tanpa terkecuali bagi mereka yang ingin merayakan natal.

”Kegiatan pemantauan hari ini bertujuan untuk memastikan situasi di Kabupaten Malang tetap aman dan kondusif saat perayaan natal berlangsung,” ujar Sanusi saat ditemui di salah satu gereja usai melakukan monitoring pengamanan natal.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close