Hukum dan Kriminalitas

Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Jangan Panik

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kota Malang yang masa berlaku Surat Izin Mengemudi atau SIM-nya habis pada saat cuti bersama dan libur Hari Raya Natal (24-25 Desember 2019), tak usah khawatir. SIM tersebut tidak terkategori hangus dan tidak perlu kembali mengulang membuat SIM baru.

Pasalnya, Satlantas Polresta Malang Kota memberikan dispensasi atau kelonggaran kepada masyarakat dalam  masa kepengurusan perpanjangan SIM.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto SIK, MH menjelaskan jika masyarakat yang masa berlaku SIM nya habis di tanggal 24 Desember 2019  dan 25 Desember 2019, bisa kembali melakukan perpanjangan pada tanggal 26 Desember 2019 dan 27 Desember 2019.

“Ya tetap sama saja persyaratannya, sesuai mekanisme yang ada,” jelasnya

Namun, jika masa berlaku SIM habis di luar tanggal yang sudah ditentukan, maka SIM akan hangus dan tidak dapat diperpanjang lagi.

“Masyarakat harus kembali lagi melakukan kepengurusan SIM baru dan harus mengikut persyaratan mulai awal,” jelasnya.

Sementara itu, untuk masyarakat yang masa berlaku SIM nya habis pada 1 Januari 2020, sama. Masyarakat juga akan diberikan kelonggaran dalam masa perpanjangan selama dua hari, mulai tanggal 2 Januari 2020 dan 3 Januari 2020.

“Melewati jadwal perpanjangan tersebut, sama harus kembali mengurus SIM baru lagi. Makanya kami imbau masyarakat untuk memperhatikan informasi ini, supaya nanti tidak terlewatkan,” pungkasnya.
 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close