Peristiwa

Pengamanan Nataru 2019, LPMK Kelurahan Tlogomas Ajak Anggota DPRD Lebih Dekat dengan Warga

INDONESIAONLINE – Tradisi tahunan untuk melakukan pengamanan wilayah dalam momen peringatan Hari Natal sampai pergantian tahun baru (Nataru) di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, kembali dilakukan di penghujung tahun 2019 ini. 

Selain untuk menjaga keamanan wilayah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, acara ini juga dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu dengan mengajak Ngopi Bareng dan Silaturrahim Anggota DPRD Kota Malang Dapil V Kecamatan Lowokwaru bersama warga yang diadakan pada Sabtu (28/12/2019).

Pengamanan Nataru oleh warga Kelurahan Tlogomas menjelang pergantian tahun ini sudah berjalan lima tahun terakhir. Dengan mendirikan posko pantau mulai Selasa (24/12/2019) sampai Selasa (31/12/2019) yang bertempat di sekitar Taman Terapi Jalan Batu Permata.

Acara pengamanan wilayah dan perlindungan masyarakat serta ngopi bareng dan silaturrahim anggota DPRD dengan warga ini diprakarsai oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Tlogomas. Hal ini bertujuan untuk mengeratkan sinergi dengan gabungan elemen masyarakat yang terdiri dari karang taruna (kartar), babinsa, babinkamtibmas, ketua RT/RW, linmas, hulubalang dan tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Tlogomas lainya.

Hermanto Gani (duduk paling kiri) dan pengurus LPMK kelurahan Tlogomas

Ketua LPMK Tlogomas, Hermanto Gani SE mengungkapkan bahwa acara ini sebagai ajang silaturrahim dan perkenalan warga dengan anggota DPRD Kota Malang dapil V Kecamatan Lowokwaru, dimana mereka semua duduk sebagai wakil rakyat di tahun 2019 ini.

“Tujuan diadakannya acara ini agar masyarakat tahu wakil mereka yang duduk di kursi dewan, tahu apa saja tugas mereka di dewan dan lebih utama lagi biar masyarakat bisa lebih dekat dan lebih akrab lagi,” ujar Hermanto.

Menurut Gani (panggilan akrab ketua LPMK Tlogomas) acara pengamanan Nataru ini adalah hal yang sangat positif, mengingat wilayah Kelurahan Tlogomas didominasi oleh mahasiswa dari luar kota.

“Disamping bisa kenal dan bisa lebih akrab lagi dengan wakil mereka yang duduk di kursi dewan, acara pam ini bertujuan untuk mengamankan wilayah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Kelurahan Tlogomas masuk dalam wilayah rawan terjadinya konflik dan bentrok antar oknum pemuda dari berbagai daerah dan etnis,” ungkapnya.

“Jadi, semua elemen harus selalu siaga, jangan sampai terjadi hal yang menimbulkan konflik antar pemuda. Sebab, hal tersebut akan menimbulkan keresahan warga sekitar. Kami mendirikan posko keamanan di wilayah rawan konflik ini sebelum perayaan Natal dan tahun baru dan sudah berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat,” imbuhnya mengakhiri. 

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close