Pemerintahan

Perumda Tugu Tirta Ajukan Bantuan Pipa Baru ke Pusat

INDONESIAONLINE – Perumda Tugu Tirta atau sebelumnya dikenal sebagai PDAM Kota Malang berencana mengajukan bantuan pipa baru pada 2020. Pengajuan terhadap pemerintah pusat itu dilakukan untuk mengganti pipa yang sering mengalami kebocoran dari arah Sumber Pitu di Tumpang, Kabupaten Malang, menuju kawasan Buring, Kota Malang.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas menyampaikan, selama ini sering terjadi kerusakan atau kebocoran pipa yang mengarah dari Sumber Pitu. Titik kerusakan pun di tempat yang sama, yaitu kawasan Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Kebocoran yang terjadi di kawasan Pulungdowo itu akhirnya berdampak pada penyaluran air bersih hingga ke rumah warga. Kondisi itu pun sudah beberapa kali terjadi dan membuat air tumpah ke jalanan dan mengganggu arus lalu lintas.

“Karena pipa yang terpasang saat ini tidak sesuai dengan kekuatan beban. Seharusnya itu mampu menahan kekuatan sampai 14 meter. Tapi yang terpasang di sana hanya mampu menahan kekuatan hingga 10 meter,” katanya.

Selama ini, pipa yang mengalami kerusakan karena tak kuat menahan beban selalu dibenahi. Namun memang perlu untuk dilakukan  penggantian pipa agar tak terjadi kerusakan yang sama sehingga kebutuhan air tetap mengalir tanpa gangguan hingga ke rumah konsumen.

Penggantian pipa dengan kemampuan menahan kekuatan yang lebih tinggi, menurut Muhlas, sengaja diajukan ke pemerintah pusat lantaran biaya yang diperlukan untuk mengganti pipa amatlah besar. Apalagi, jarak antara kawasan Sumber Pitu hingga ke tandon Buring kurang lebih adalah 20 kilometer. “Harga pipanya memang tidak murah,” ucapnya.

Lebih jauh Muhlas menyampaikan, selain mengupayakan penggantian pipa, Perumda Tugu Tirta saat ini tengah mengembangkan inovasi baru. Tujuannya adalah mengukur kecepatan air sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Sehingga, air dapat mengalir tepat sesuai takaran masing-masing.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close