Ekonomi

Dukung Pelaku IKM, Bupati Malang Bakal Permak Area Stadion Kanjuruhan Jadi Rest Area

INDONESIAONLINE – Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Malang sedang mempersiapkan konsep untuk membuat galeri khusus bagi IKM (Industri Kecil Menengah). Rencananya, lokasi yang dipilih untuk memfasilitasi para pelaku IKM yang ada di Kabupaten Malang ini, bakal ditempatkan di area Stadion Kanjuruhan.

Bupati Malang HM Sanusi, menuturkan jika area markas Arema FC tersebut juga bakal dipermak menjadi tempat rest area. Di sana para pelaku IKM bisa memajang sekaligus memasarkan produk yang mereka jual.

”Saat ini Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) masih membuat perencanaannya untuk merealisasi IKM Gallery dengan konsep rest area di Stadion Kanjuruhan tersebut,” kata Sanusi saat ditemui awak media usai menghadiri agenda tasyakuran sertifikasi halal yang diterima oleh 100 IKM, binaan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Malang, Kamis (26/12/2019).

Jika IKM Gallery dengan berkonsep rest area yang digodok Cipta Karya rampung, lanjut Sanusi, nantinya anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasi design tersebut, bakal dimasukkan dalam program perencanaan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Malang.

”Jika memang bisa dibiayai melalui PAK (Perubahan Anggaran Keuangan), maka akan dianggarkan untuk tahun depan (2020). Tapi jika tidak bisa, ya di tahun 2021 akan dibuat outlet IKM Gallery di area Stadion Kanjuruhan,” ungkap Sanusi.

Salah satu kader Partai Keadilan Bangsa (PKB) ini menambahkan, secara umum gambaran rest area yang dilengkapi dengan IKM Gallery ini, bakal dilengkapi dengan berbagi fasilitas yang memadai.

Diantaranya tempat ibadah (masjid), toilet umum, hingga area parkir yang luas. Sehingga pengemudi yang mengalami kelelahan saat berkendara, mulai dari kendaraan bus, mobil pribadi, hingga akomodasi transportasi pariwisata juga bisa beristirahat di rest area tersebut.

”Bagi yang ingin beristirahat di rest area, akan kita siapkan outlet UMKM, parkiran yang luas, tempat ibadah, serta toilet yang bagus. Untuk toiletnya bagi wanita dan laki-laki, masing-masing akan disediakan 10 ruangan toilet,” jelas Sanusi.

Guna merealisasikan gagasan tersebut, Sanusi mengaku perlu adanya sinergitas antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Malang. Dengan demikian, program pemerintah untuk mendukung para pelaku IKM yang tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang ini bisa segera diwujudkan.

“Dinas Pariwisata dan Dishub (Dinas Perhubungan) juga akan kami instruksikan untuk mendukung program rest area di Stadion Kanjurihan ini. Jika transportasi dan kendaraan pariwisata diarahkan untuk mampir di rest area, maka pelaku IKM yang ada di sana bisa memasarkan produknya,” tutup Sanusi.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close