Ekonomi

Harga Bawang Merah Meroket Jelang Akhir Tahun

INDONESIAONLINE – Jelang akhir tahun, harga kebutuhan pokok terpantau mengalami kenaikan. Salah satu komoditi yang naik cukup tinggi yakni bawang merah.

Pantauan dari MalangTIMES.com di Pasar Besar Kota Malang, harga bawang merah sudah kurang lebih dua pekan ini meroket di angka Rp 35 ribu per kg. Padahal sebelumnya harganya sekitar Rp 25 ribu per kg.

Salah satu pedagang, Suhaimah mengatakan, melonjaknya harga bawang merah tersebut lantaran pengaruh cuaca sebelumnya yang mengalami kemarau cukup panjang. Sehingga pasokannya sedikit mengalami penurunan.

“Bawang merah itu naiknya sampai Rp 10 ribu, itu kan kemarin kemarau panjang, jadi ini petani masih menanam lagi. Pasokan jadi sedikit,” ujarnya, Kamis (26/12).

Sebetulnya, untuk mengambil dari pemasok di Pobrolinggo dan Nganjuk ia mengaku setiap dua hari sekali sebanyak 2 kwintal. Namun, permintaan dari konsumen lebih meningkat, dan banyak pedagang eceran yang ikut andil membeli di lapak miliknya.

“Kalau ngambil pasokan biasanya 2 kwintal setiap 2 hari, tapi permintaan banyak jadi harganya naik. Malah sekarang pengecer belinya juga di sini,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk komoditi bahan pokok lainnya seperti cabai rawit dan telur ayam dinilai masih relatif stabil. Meski mengalami kenaikan, menurutnya hal itu tidak terlalu siginifikan. 

“Ini cabe rawit stabil, naiknya sedikit dari Rp 30 ribu sekarang ke Rp 35 ribu. Telur juga, dari Rp 20 ribu sekarang menjadi Rp 24 ribu,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close