Pemerintahan

Masih Dibahas, Jenis Usaha Tunas Bakal Kembali Dipangkas

INDONESIAONLINE – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tugu Aneka Usaha (Tunas) masih terus belanjut. 

Bahkan rencananya, jenis usaha Tunas yang diajukan Pemerintah Kota Malang sebelumnya terancam kembali dipangkas. Dari yang sebelumnya diajukan 21 jenis usaha, panitia khusus (pansus) mengevaluasi menjadi sembilan jenis usaha saja.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana  Kartika menyampaikan, ada hal mendasar yang menjadikan Ranperda Tunas belum selesai dibahas. Salah satunya masih tarik ulurnya jenis usaha yang akan diterapkan dalam Tunas nantinya.

“Setelah konsultasi dengan Kemenkumham, dewan sarankan untuk memangkas 21 jenis usaha jadi sembilan usaha, tapi Pemkot Malang ngotot agar semua terakomodir atau 12 jenis usaha yang bisa masuk Tunas,” katanya pada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Dia menyampaikan, berdasarkan hasil konsultasi dengan Kemenkumham, pemangkasan dilakukan lantaran jenis usaha yang dibuat harus satu rumpun dan dipisah. Itu sebabnya, PD RPH kemungkinan tetap berdiri sendiri seperti sekarang dan tak menjadi satu sebagaimana perencanaan Pemkot Malang menjadi Tugu Aneka Usaha atau Tunas.

Pemisahan itu menurutnya dilakukan untuk memudahkan proses pengawasan. Selain itu, sistem evaluasi akan lebih mudah dilakukan ketika jenis usaha yang dijalankan satu rumpun. Sehingga dewan saat ini memilih untuk terus mengevaluasi sebagaimana yang disarankan Kemenkumham.

“Yang paling mendasar juga, PD RPH akan berdiri tetap seperti sekarang dan nggak bisa jadi satu dengan Tunas,” tegas politisi PDI Perjuangan itu.

Jika merujuk pada perencanaan awal, Perumda Tunas merupakan transformasi dari PD RPH Kota Malang. Jenis usaha yang akan dikembangkan ada sekitar 21 unit usaha yang kemudian diklasifikasikan pada tiga koor besar. Ketiganya adalah divisi agribisnis, properti, serta penyewaan aset dan penunjang lain.

Salah satu unit usaha yang rencananya akan dikembangkan dalam Perumda Tunas adalah pengelolaan parkir. Perencanaan itu adalah dengan pola pengelolaan di bawah Perumda Tunas. Rencana itu ditargetkan mampu meningkatkan pendapatan daerah Kota Pendidikan ini.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close