Ekonomi

Meski Target Meningkat Rp 200 Juta, Pajak Reklame Tetap Mendulang Surplus

INDONESIAONLINE – Meningkatnya target pajak reklame sepertinya tidak menjadi permasalahan yang berarti bagi Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kabupaten Malang. Terbukti, meski belum tutup buku, namun pajak reklame di tahun 2019 ini dipastikan sudah mendulang surplus.

Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi, mengatakan jika pada catatan terbaru, yakni hingga pertengaan bulan Desember 2019. Pajak reklame sudah meraup pendapatan senilai Rp 3.964.383.475.

Capaian tersebut sudah melampaui target yang ditentukan pada periode tahun 2019 ini. Yakni dipatok minimal memperoleh Rp 3,9 miliar. ”Sejauh ini sudah surplus sekitar 2 persen atau setara dengan Rp 64,3 juta,” kata Dr Purnadi kepada MalangTIMES.com.

Jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya, pajak reklame memang mengalami peningkatan sekitar Rp 200 juta. Sebab, pada tahun 2018 Bapenda Kabupaten Malang mematok target pajak reklame hanya sebesar Rp 3,7 milyar.

Dari target tersebut, pada tahun 2018 penghasilan pajak reklame mampu mendulang pendapatan hingga Rp 4.030.731.407. Atau surplus sekitar 8 persen dari target yang sudah ditentukan.

”Tahun lalu (2018) pendapatan pajak reklame surplus Rp 300 an juta. Meski target tahun ini meningkat, kami tetap optimis bisa surplus dengan nominal sekitar Rp 100 jutaan,” tutup Dr Purnadi yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close