Olahraga

Ragam Komentar Netizen Setelah Tahu Makan Konate Ikut Tarkam

INDONESIAONLINE – Kompetisi Liga 1 2019 yang telah usai tak membuat para pemain profesional berhenti beraktivitas bermain bola. Salah satunya Makan Konate yang mengikuti pertandingan antar kampung (Tarkam) di daerah Tuban di akhir tahun ini.

Akan tetapi, keikutsertaan Konate di sepak bola Tarkam membuat netizen banyak menyoroti seperti yang sudah diunggah di akun Facebook @Adam Seby kepada grup @You Need Me.

@Adam Seby mengunggah sebuah foto tim dimana didalamnya ada nama tiga pemain Arema FC, mereka adalah Makan Konate, Riki Kayame dan juga Nasir.

@Adam Seby juga menuliskan sebuah caption, “MAKAN KONATE MAIN TARKAM. Sah-sah saja main tarkam, tapi kalau pemain pro masih terikat kontrak main tarkam kan tidak etis, kalau ada cedera dan lain-lain yang rugi siapa..” tulisnya dalam caption.

Pemain profesional di Liga Indonesia yang mengikuti Tarkam memang bukan menjadi rahasia umum bagi sebagian orang, karena mereka ingin menambah penghasilan di luar kompetisi resmi yang digelar oleh PSSI.

Dari informasi yang beredar, bayaran untuk pemain profesional tergantung kesepakatan pemain dengan pihak yang menggunakan jasa atau klub Tarkam yang menginginkan keberadaan pemain tersebut.

Untuk nominal, biasanya untuk ukuran pemain asing berkisar Rp. 5 juta per pertandingan hingga lebih dari itu. Apalagi hingga juara, tentu akan ada bonus tambahan. Karenanya, banyak pemain profesional yang ada di Liga Indonesia memanfaatkan momen libur kompetisi untuk mengikuti Tarkam.

Namun dengan kehadiran Konate pada sepak bola Tarkam membuat sejumlah netizen juga ikut berkomentar, baik itu positif maupun negatif. Salah satunya yakni @Ridho Sebastian “Banyak kok striker naturalisasi terbaik Osas Saha jg liga jalan tarkam jg jalan,” tulisnya dalam kolom komentar.

Lalu ada juga komentar yang membenarkan bahwa Konate bermain Tarkam, yakni dari akun @Zhean Canello Alvarez “Betul di bon kecamatan palang, tapi sayang di semifinal palang kalah 0-3 dari kecamatan tambakboyo gan.,” tulisnya.

Tapi, dengan adanya fenomena banyaknya pemain asing yang ikut bermain tarkam juga membuktikan bahwa sepak bola di Indonesia sangat besar. Karena di dalam tarkam penonton yang hadir pun seperti di liga resmi yang diadakan oleh PSSI. 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close