Pemerintahan

Ingatkan Fungsi Vital Bak Kontrol, DPUPR Imbau Masyarakat Tak Asal Tutup Saluran Air

INDONESIAONLINE – Memasuki musim penghujan, fungsi bak kontrol di sepanjang saluran air sangat vital. Terutama dalam upaya normalisasi dan pembersihan agar tak terjadi genangan air. Namun sayangnya, masih ada masyarakat yang belum mengetahui pentingnya fungsi bak kontrol. 

Dalam upaya pencegahan meluapnya air pada saluran drainase, saat pembersihan atau normalisasi terkadang petugas Dinar Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, yakni Satgas Drainase mengalami kendala dalam membersihkan saluran air.

Kesulitan ini lantaran terkadang ditemui saluran-saluran air yang pada bagian atasnya dicor atau ditutup secara keseluruhan oleh masyarakat. Sehingga, para petugas yang ingin melihat situasi atau kondisi dalam saluran air mengalami kesulitan. Untuk melihatnya, terpaksa harus menjebol cor penutup dengan susah payah.

Melihat fungsi vital dari bak kontrol pada saluran air, Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso melalui Kordinator Satgas DPUPR, Hari Widodo mengimbau kepada masyarakat agar tidak menutup secara keseluruhan saluran drainase yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Berikan bak kontrol, jangan sampai ditutup semua. Fungsi bak kontrol vital untuk mengecek kondisi dalam saluran. Jika misalnya saluran tersumbat sampah, ada sedimentasi, maka untuk membersihkannya mudah, tinggal membuka bak kontrol. Tapi ya itu, kalau tertutup semua, sulit untuk membersihkannya, harus jebol cor dulu,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk pemberian bak kontrol pada saluran drainase, sebaiknya tak sembarangan. Terdapat jarak dan ukuran yang ideal untuk pembuatan bak kontrol. Jika jarak terlalu jauh, maka juga akan menyulitkan dalam memantau kondisi saluran.

“Minimal setiap jarak lima meter ada bak kontrol, dengan jarak yang tak terlalu jauh mudah untuk kita memantau. Jika tersumbat bisa segera dibersihkan. Ukuran bak kontrol juga harus cukup untuk dimasuki satu orang, jangan terlalu kecil,” ungkapnya.

Terakhir ia menegaskan, meskipun fungsi dari bak kontrol pada saluran penting, namun terdapat hal yang lebih penting lagi, yakni mengenai kesadaran dalam menjaga lingkungan.

“Jika masyarakat tidak memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan, membuang sampah tetap di sungai, saluran air, maka ya tetap sama saja, artinya upaya-upaya pencegahan akan percuma saja,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close