Tekno

Pakai Aplikasi Colabs, Ide Cemerlang Milenial Bisa Terealisasi Meski Tak Jago IT

INDONESIAONLINE – Dewasa ini, banyak sekali para milenial yang memiliki ide-ide cemerlang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. Namun, tak semua ide-ide itu dapat terealisasi. Salah satunya disebabkan tak semua milenial memiliki kemampuan mumpuni di bidang IT.

Untuk itu, empat mahasiswa angkatan 2016 dari Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), terdiri atas Apriyanto J.P.L. Tobing (Teknik Informatika), Farid Widyatama (Teknik Informatika), Timothy Julian (Sistem Informasi) dan Trivena Stefani Widiarta (Kewirausahaan) menciptakan aplikasi Colabs.

Colabs merupakan sebuah platform untuk memfasilitasi para pemilik ide dan pemilik skill di bidang IT dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

“Kebanyakan orang atau mahasiswa, setelah mengembangkan ide produknya untuk kompetisi, selesai begitu saja. Tidak ada pengembangan dan implementasinya di masyarakat. Dengan adanya Colabs ini kita harap mereka bisa menemukan partner yang bisa diajak bekerja sama,” ujar Apriyanto.

Dengan platform yang dirancang dalam bentuk website ini maka pada fitur collaboration, pemilik ide bisa memposting idenya, sehingga individu berkeahlian IT bisa mengetahui dan bergabung dalam project mewujudkan ide tersebut.

“Dalam fitur tersebut, kolaborasi pemilik ide dan ahli IT juga bisa memilih mentor dari praktisi maupun akademisi profesional untuk menjadi pembimbing,” timpalnya.

Tidak hanya itu, platform ini juga memiliki dua fitur pelengkap, yaitu fitur funding dan fitur marketplace. Fitur funding berfungsi untuk mengumpulkan dana yang kemudian digunakan merealisasikan project.

“Pada fitur funding ada dua skema pendanaan yang ditawarkan. Pertama skema pendanaan berdasarkan keikhlasan dengan nominal minimal Rp 10 ribu. Kedua adalah pendanaan berdasarkan beberapa pilihan paket nominal yang telah ditawarkan,” bebernya.

Untuk diketahui, Colabs berhasil meraih juara 2 kategori Pengembangan Ide Bisnis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam ajang Information Technology Creative Competition (ITCC) 2019 di Bali beberapa waktu yang lalu.

Meski demikian, dijelaskan Apriyanto bahwa platform Colabs saat ini dalam tahap pengembangan dan belum diaplikasikan ke publik. Pihaknya masih terus menyempurnakannya agar nantinya bisa lancar jika sudah dipakai oleh masyarakat.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close