Kuliner

Varian Bakso Ini Punya Bentuk Unik, Mulai Organ Tubuh Vital hingga Kelabang

INDONESIAONLINE Beragam kreasi bakso memang coba dikeluarkan agar mendapat perhatian dari masyarakat supaya menarik perhatian. Jika bentuk bakso pada umumnya berbentuk bulat, kini sudah tidak melulu demikian.

Kini mulai dari bentuk yang unik sampai dengan bentuk yang nyeleneh coba untuk dihadirkan. Banyak inovasi yang dihadirkan dengan berbagai bentuk menarik lainnya.

Kali ini ada yang bentuknya buaya, tumpeng, bambu hingga bentuk nyeleneh seperti berbentuk kelabang hingga payudara.

Dengan bentuk-bentuk nyeleneh itu ternyata mendapatkan perhatian dari masyarakat. Bahkan hingga menjadi viral karena menjadi perbincangan netizen di media sosial. 

Berikut beragam bentuk bakso yang nyeleneh dan unik bentuknya, antara lain:

1. Bakso Payudara

Bakso yang satu ini punya bentuk nyeleneh, yakni menyerupai buah dada perempuan. Bakso itu viral di media sosial setelah diunggah oleh akun twitter bernama @flutulang_. Hanya saja bakso tersebut tidak berbentuk bulat sepenuhnya.

Mengapa berbentuk seperti buah dada perempuan? Lantaran pada salah satu sisi bakso terdapat benjolan kecil yang menyerupai puting dari buah dada. Namun belum diketahui di mana warung makan bakso yang menawarkan bakso berbentuk payudara tersebut.

2. Bakso Kelabang

Kelabang merupakan jenis hewan sejenis kaki seribu. Namun, meski bakso ini dikenal dengan nama bakso belakang, tetapi bakso ini tidak berbentuk layaknya kelabang.

Kata kelabang itu diambil ternyata memiliki arti tertentu. Kelabang merupakan kepanjangan dari ‘Kelamin Abang’. Jadi bakso unik ini dibentuk menyerupai Mr. P.

Bakso berbentuk kelabang ini menjadi viral setelah seorang warganet menggunggah momen dirinya makan bakso. Video tersebut kemudian diunggah ulang oleh akun instagram bernama @jajanbakso. 

Menurut unggahan dalam keterangan video, bakso berbentuk kelabang itu merupakan kreasi dari warung makan bakso yang berlokasi di Jalan Kincir Rawabadak, Koja, Jakarta Utara. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau, hanya sekitar Rp 15 ribu untuk satu porsinya.

3. Bakso Bambu

Di Jepara, Jawa Tengah ada bakso yang bentuknya tidak kalah unik. Bakso tersebut memiliki bentuk menyerupai bambu runcing. Karena itulah warung makan bakso ini dikenal dengan sebutan bakso Bambu Jeglug. Untuk membentuk seperti bambu asli, adonan bambu tersebut dicetak menggunakan batang pohon bambu asli.

Kemudian bakso tersebut dipotong miring, agar terlihat runcing. Setelah itu baksonya disajikan dalam piring. Bakso berbentuk bambu runcing itu ditempeli daun seledri agar tampilannya mirip seperti tanaman bambu.

Bakso tersebut juga diisi dengan berbagai isian seperti bakso kecil, daging cincang hingga potongan wortel. Untuk satu porsi bakso bambu runcing ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 25 ribu.

4. Bakso Tumpeng

Jika umumnya tumpeng hanya terbuat dari nasi berwarna kuning, kini ada tumpeng yang dibuat dari adonan bakso. Bakso tumpeng tersebut merupakan kreasi dari sebuah warung makan bakso bernama Lesehan Mbanyumili yang berada Yogyakarta. 

Ternyata ide pemilik warung ketika menciptakan bakso tumpeng ini karena merupakan permintaan dari salah satu pelanggannya. Bakso tumpeng buatannya itu berhasil menarik perhatian banyak orang. 

Bahkan tampilan bakso yang berbeda dari biasanya itu menjadi viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun instagram dengan nama @Gunfood28. Harga yang ditawarkan untuk bakso tumpeng itu beragam tergantung dengan ukurannya. Ukuran kecil Rp 17 ribu dan ukuran besar Rp 400 ribu.

5. Bakso Buaya

Warung  bakso yang dikenal dengan nama Bakso Rusuk Joss memiliki varian bakso yang unik. Bakso tersebut dibentuk bukan berbentuk bulat, melainkan berbentuk buaya. Bakso berbentuk buaya tersebut sempat menjadi viral di media sosial karena bentuknya yang berbeda dari biasanya.

Terlihat mulai dari kepala sampai dengan ekornya. Hanya saja ukurannya dibuat mini. Yang unik ada pada bagian matanya yang terlihat menonjol. Kedua mata buaya tersebut dibuat dari bakso yang berbentuk bulat. Bakso pada bagian bola mata itu juga terlihat jejak cabai.

Saat bakso berbentuk buaya itu dibelah, lelehan mozarella di dalamnya sangat lumer. Harga yang ditawarkan untuk bakso buaya itu lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp 75 ribu. Namun, untuk satu porsinya bisa disantap untuk 2 – 3 orang.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close