Pemerintahan

Agenda Ngopi Bareng Diharap Ketua DPRD Kota Malang Bisa Digelar di Setiap Kelurahan

INDONESIAONLINE – Ngopi Bareng yang diadakan LPMK Kelurahan Tlogomas bersama DPRD Kota Malang Dapil V Lowokwaru diapresiasi oleh Made Rian Diana Kartika sebagai ketua dewan. Bahkan ia berharap kegiatan yang sama bisa dilakukan di setiap kelurahan di ‘Bhumi Arema’. 

Kelurahan Tlogomas bisa dikatakan menjadi pioner acara Ngopi Bareng yang dilakukan bersama anggota dewan Kota Malang. Karena baru kali ini digelar masyarakat mengundang anggota dewan untuk mengungkapkan aspirasinya seperti reses yang dilakukan oleh DPRD atau DPR RI.

Akan tetapi, bedanya kali ini adalah yang mengundang DPRD adalah masyarakat bukan sebaliknya. Dan hal itu menuai apresiasi bagi anggota dewan karena mereka merasa lebih dekat dengan masyarakat.

“Ini bukan inisiatif kami, tapi kami diundang. Kalau reses kami yang mengundang. Kegiatan ini sebenarnya adalah rutinan tahun baru, tapi baru kali ini kemasannya berbeda. Saya bersyukur forkopimda kecamatan hadir semua,” ujar Made kepada MalangTIMES.

Setelah acara itu, Camat Lowokwaru Imam Badar atau yang akrab disapa Abi mengaku tertarik dan ingin menggelar kegiatan yang sama di setiap kelurahan. Hal itu untuk lebih mendekatkan masyarakat kepada anggota dewan yang telah dipilihnya.

“Pak Camat kebetulan tertarik dengan kegiatan ini dan akan menggelar seperti ini di setiap kelurahan. Kami siap, itu sangat bagus. Tapi kami harap kami diundang, bukan kami yang mengundang,” kata Made.

“Kalaupun setiap kelurahan ada agenda seperti ini justru sangat bagus, tinggal kami mengatur jadwal saja. Karena ada kebijakan baru, bahwa Sabtu Minggu kami tidak dinas, tidak ada rapat atau kunker, tapi anggota harus turun kepada masyarakat. Itu wajib. Ini juga untuk mengantisipasi jadwal musrenbang tingkat kelurahan yang biasanya diadakan Sabtu Minggu,” imbuhnya.

Di sisi lain, dari kegiatan itu Made beserta anggota dewan lainnya bisa mendapatkan banyak masukan dari masyarakat tentang bagaimana membuat Kota Malang jauh lebih baik. “Kami banyak sekali mendapat masukan, sehingga itu bisa menjadi bekal kami, untuk kami menyusun E-Pokir, dalam kami menyusun kebijakan,” ungkapnya.

“Dari usulan warga nanti akan kembali ke fraksi, lalu dari fraksi akan kembali ke komisi dan langsung akan ditindaklanjuti, saya pastikan akan langsung ditindaklanjuti. Intinya dewan untuk masyarakat,” tambahnya mengakhiri.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close