Transportasi

Antisipasi Kemacetan Saat Pembangunan Proyek Besar Kota Malang, Dishub Buat Skema Lilin Satu Arah

INDONESIAONLINE – INDONESIAONLINE – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tengah menyeriusi pembangunan beberapa proyek besar. Salah satunya kawasan Kayu Tangan yang bakal dijadikan area Kampung Wisata Heritage.

Proses pembangunan tersebut diperkirakan bakal memakan waktu dan menyebabkan kemacetan. Karenanya, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang upaya antisipasi kemacetan bakal dilakukan dengan melakukan skema lalu lintas (lalin).

Lalu opsi apa saja yang direncanakan untuk mengurai kemacetan di jalan-jalan protokol di Kota Malang itu?

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menjelaskan ada beberapa opsi yang telah didiskusikan dengan forum lalu lintas terkait beberapa agenda besar pembangunan di Kota Malang. Termasuk, penataan kawasan Kayu Tangan.

“Dari diskusi bersama forum lalin, sepakat membuat kajian penataan lalu lintas. Itu, untuk amdal lalinnya juga,” jelasnya.

Ada dua opsi yang telah dibicarakan untuk penataan wilayah Kayu Tangan, yakni saat pembangunan berlangsung bakal diberlakukan satu arah di kawasan itu. Kemudian antisipasi kemacetan meluas dengan memberlakukan pengaturan jalan satu arah besar.

Salah satu kawasan yang diperkirakan terdampak itu di kawasan Sukun. Karenanya, rekayasa lalu lintas satu arah bakal dilakukan lebih meluas. “Opsi pertama, hanya satu arah kecil, satu arah di kawasan Kayu Tangan. Termasuk nanti sosialisasi. Kemudian kalau dari Sukun ke Talun, belok kiri lurus ke jalan bromo, depan toko lai-lai jadi satu arah dari utara ke selatan,” imbuhnya.

Selanjutnya, dari arah jalan bromo tersebut juga bakal ada satu arah dari selatan ke utara. Yang mana, pada opsi ini mediannya akan dilakukan pembongkaran. “Ya, karena itu disepakati pada opsi kedua, maka medianya nanti dibongkar,” jelas dia.

Sementara itu, kemacetan yang diprediksi bakal terjadi di kawasan exit tol Madyopuro, Dishub bakal menambah Area Traffic Control System (ATCS). “Nanti rencana ke depan akan dipasang di Ki Ageng Gribig, Danau Toba, lalu Pom Bensin di sana, Perempatan Dinkes dan Pertigaan Panji Surorso,” tandasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close