Lingkungan

Apresiasi Program Sedekah Oksigen, Wawali : Jadikan Tanam Pohon jadi Kebiasaan

INDONESIAONLINE – Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Pemakaman Umum (PPU) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Gadingkasri melakukan gerakan Sedekah Oksigen dengan penanaman pohon dan kerja bakti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gadingkasri, Minggu (29/12/2019).

Bung Edi, sapaan akrab orang nomor dua di Kota Malang itu, sangatlah mengapresiasi apa yang dilakukan UPT PPU yang menginisiasi gerakan sedekah oksigen di Kota Malang dengan penanaman pohon. 

Pihaknya juga menekankan agar menanam pohon dijadikan sebuah kebiasaan dan sebuah budaya dikalangan masyarakat.

“Ini sangat bagus. Tanam pohon sebagai bentuk sedekah oksigen dan respons masyarakat  sangat bagus sekali dengan program yang digalakkan UPT PPU ini,” ungkapnya saat ditemui di TPU Gadingkasri.

Lebih lanjut ia menjelasakan nantinya program sedekah oksigen juga bisa berkembang untuk diterapkan melalui berbagai cara. 

Misalnya di kalangan kampus, setiap terdapat mahasiswa baru maupun yang akan lulus wajib untuk memberikan satu bibit pohon.

“Kita imbau masyarakat menanam pohon menjadi sebuah kebiasaan dan menjadi sebuah budaya karena itu adalah bentuk sumbangsih kita terhadap sesama manusia, alam sekitar kita.

Begitu juga untuk kelompok masyarakat yang lain, misalnya, pada lingkungan RT, RW, manakala terdapat masyarakat yang mengurus sesuatu diharapkan untuk bisa memberikan sumbangsih satu bibit pohon yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi lingkungan.

“Misalnya juga, masyarakat yang mau menikah, kan bisa juga harus wajib menanam pohon. Itu kan nanti bisa dikordinasikan dengan pihak terkait, dalam hal ini Kementrian Agama dan unsur lainnya. Itu kan inovasi-inovasi hal kecil yang akan berdampak besar,” bebernya.

Kepala UPT PPU, Takroni Akbar menambahkan, jika memang pihaknya berupaya untuk mengencarkan program sedekah oksigen. 

Lewat penanaman pohon dikawasan makam, pihaknya berharap bisa semakin menjadikan kawasan makam menjadi pabrik penyumbang oksigen untuk kawasan Kota Malang.

“Dalam kegiatan kali ini, kami kerja bakti dan menananm pohon melibatkan masyarakat. Kami harapkan ini bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mendorong sedekah oksigen, pihaknya juga mengencarkan penanaman pohon kenangan. 

Program tersebut, nantinya, akan melibatkan peran serta masyarakat dalam hal ini adalah ahli waris dari yang keluarganya dimakamkan di TPU yang dikelola oleh Pemkot Malang.

Ahli waris nantinya diimbau sebisa mungkin memberikan bantuan satu buah bibit pohon untuk ditanam di kawasan makam. 

Pohon bantuan tersebut tentunya akan semakin membuat kawasan makam bisa menjadi pabrik oksigen di tengah lingkungan kawasan kota.

“Pohon yang diberikan nanti kan diniatkan atas nama orang yang meninggal, sehingga tentunya itu akan menjadi pahala yang terus mengalir. Sebab, kebermanfaatannya nantinya akan bisa dirasakan oleh banyak pihak,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close