Tekno

Bingung Cari Update Harga Bahan Pokok dan Barang Lainnya, Lihat Saja Aplikasi Ini

INDONESIAONLINE – Menjelang akhir tahun 2019, kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako tentu akan meningkat. Dan biasanya menjelang akhir tahun dan pada saat tahun baru, harga-harga komoditas sembako juga ikut mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut terkadang membuat kaget beberapa kalangan masyarakat. Hal itu karena sebelumnya informasi yang mereka ketahui harga sembako masih belum mengalami kenaikan.

Maka dari itu, agar masyarakat tidak kaget lagi dengan kenaikan harga sembako dan bisa mempersiapkan kebutuhan tanpa kesal keuangan belanja melebihi rencana, tentunya harus mengetahui informasi perihal update harga.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengakses lewat smarphone dan mendownload aplikasi bernama Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo).

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat update harga berbagai macam kebutuhan barang dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sehingga dengan begitu masyarakat bisa dengan jelas mengetahui harga sembako dan bisa turut membantu merencanakan keuangan dalam belanja.

Kasi Stabilitas Harga, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang, Asih Siswanti menjelaskan, jika masyarakat bisa melihat dan membandingkan harga-harga berbagai komoditas bahan pokok dalam aplikasi tersebut.

“Bisa lihat Siksaperbapo. Di sana informasi harganya update,” ungkapnya saat dihubungi MalangTIMES (29/12/2019).

Selain bisa melihat harga, pada aplikasi tersebut juga bisa melihat harga sembako pada kota lain, dimana juga ditampilkan harga terendah dan harga tertinggi sebuah komoditi tertentu ada di kota mana. Dalam aplikasi tersebut juga lengkap dengan grafik perbandingan harga dari seluruh pasar di Jawa Timur.

Bukan hanya untuk harga bahan-bahan pokok saja. Dalam aplikasi tersebut, juga bisa melihat harga-harga lain kebutuhan bangunan, seperti semen, kayu, papan, besi maupun paku.

Dan bagi masyarakat yang memang kebingungan dalam mencari tahu informasi harga pupuk, dalam aplikasi tersebut juga bisa diketahui harga-harga beberapa jenis pupuk, baik di Kota Malang maupun di kota lainnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close