Hiburan

Geliat Musik Dangdut di Kancah Internasional, Penyanyi Korea hingga Amerika Rilis Lagu Dangdut

INDONESIAONLINE – Dangdut yang selalu identik dengan masyarakat Indonesia kali ini semakin banyak dicintai. Bukan hanya oleh masyarakat Indonesia saja, geliat dangdut sudah banyak menyentuh lapisan musik di kancah internasional. 

Terbukti, banyak penyanyi di berbagai negara mulai merilis lagu dangdut. Baik yang menggunakan lirik bahasa Indonesia maupun bahasa mereka masing-masing.

Alunan dan irama dangdut yang dinilai berbeda dari musik pada umumnya menjadi alasan yang paling banyak disampaikan para penyanyi asal luar negeri. Mereka menilai, dangdut memiliki irama yang membuat siapapun selalu ingin bergoyang setiap kali mendengarnya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini sederet penyanyi muda berbakat yang sengaja merilis lagu dangdut dan mengenalkannya di negara mereka masing-masing. Musik mereka terbilang sukses, dan diterima masyarakat.

1. Joelina Bee, Amerika Serikat
 

Joelina Bee merupakan salah satu penyanyi muda berbakat yang baru saja merilis lagunya berjudul Dangdut Dance. Lagu berlirik bahasa Indonesia itu ia rilis dan promosikan ke berbagai kota di Amerika. Masyarakat lokal dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika pun menerima lagu yang dibawakannya tersebut.

Dalam wawancaranya bersama VOA Indonesia, Joelina menyampaikan jika dia menyukai dan menikmati musik dangdut meski ia tak begitu paham dengan liriknya.

“Itu sebabnya beberapa kali saya menyanyikan lagu dangdut bertema sedih dengan aura bahagia dan tersenyum,” katanya.

Dangdut menurutnya memiliki irama yang berbeda dengan musik lainnya, dia sangat menyukai itu. Kehadiran irama gendang membuat musik terasa berbeda. “Dangdut membuat saya tertarik saat pertama kali mendengarnya,” tambahnya.

Selain menyanyikan lagunya sendiri, ia juga kerap mengcover beberapa lagu penyanyi dangdut terkenal asal Indonesia lalu mengunggahnya di media sosial. Salah satu lagu yang ia cover seperti lagu yang dilantunkan pedangdut Siti Badriah berjudul Lagi Syantik.

2. Penyanyi Rap Laray Raiford alias LRP, Amerika Serikat
 

Penyanyi rap yang masih satu label dengan Joelina Bee ini juga menjadi salah satu rapper berbakat di Amerika Serikat yang menikmati lagu dangdut. Bukan sekedar menikmati, LRP juga merilis lagu dangdutnya yang mengajak joget dan berolahraga.

Dalam wawancara bersama VOA, LRP bercerita jika proses pembuatan lagunya seperti saat membuat video komedi. Dia ikut serta dalam aktivitas olahraga. Musik yang ia bawakan pun sengaja padukan unsur komedi inggris dengan musik dangdut dan lirik inggris.

“arena kami inginkan sesuatu yang berbeda,” katanya.

Musik dangdut menurutnya memiliki sesuatu yang sangat berbeda. Saat mendengarnya ia selalu merasa ingin bergoyang dan dia mengaku sangat untuk melakukan hal-hal berbeda.

3. Danielle Desire, Amerika
 

Penyanyi dangdut asal negeri Paman Sam ini juga sering mengcover lagu-lagu dangdut miliki penyanyi ternama di Indonesia. Bahkan, ia juga merilis sebuah single dangdut miliknya sendiri berjudul Kinyis-Kinyis. Lagu dengan sentuhan musik EDM juga dilengkapi dengan rap berbahas inggris itu sukses membuat pendengarnya ingin bergoyang.

4. Alina Saraswati, Turki
 

Perempuan yang awalnya memulai karir sebagai model ini kemudian banting setir menjadi penyanyi dangdut. Dia beralasan sangat menggemari musik dangsut dan selalu tak pernah berhenti bergoyang setiap kali mendengar irama dangdut. Tak hanya mengcover lagu-lagu milik pedangdut Indonesia saja, perempuan berambut panjang ini juga merilis lagunya sendiri berjudul Pengen Kawin.

5. Ricky Ujung, Korea Selatan
 

Ricky Ujung merupakan pria asal Korea Selatan yang pertama kali merilis lagu dangdut. Lagu pertamanya berjudul Mama Papa dan sukses merebut perhatian masyarakat Indonesia.

Dia pun menciptakan goyang ujung yang terinspirasi patung Senayan dan Patung Pancoran. Dia belajar cengkok dangdut dari Inul Daratista, dan berkeinginan menyebarluaskan dangdut di Korea Selatan.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close