Ekonomi

Tingkatkan Potensi Perempuan, Aset Koperasi SBW Malang Capai Rp 107 Miliar

INDONESIAONLINE – Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang berhasil membekukan aset mencapai Rp 107 Miliar. Hal itu menjadi salah satu bukti, SBW Malang mampu menghadapi tantangan dalam merangkul potensi yang dimiliki perempuan.

Ketua I Koperasi SBW Dra Rini Sukeningsih, MM menyampaikan, kemampuan SBW membukukan aset dengan nilai yang cukup fantastis itu menunjukkan bahwa SBW Malang mampu mengelola sistem keuangan dengan baik. Selain itu, saat ini jumlah anggota koperasi SBW Malang terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Saat ini anggota koperasi SBW sudah 9.434 orang dengan total aset senilai Rp 107 Miliar,” katanya pada wartawan di sela peringatan HUT SBW Malang ke 42 yang berlangsung di Kantor Koperasi SBW Malang, Senin (30/12/2019).

Lebih jauh dia menyampaikan, mengusung tema ‘Dengan Gotong Royong Kita Tingkatkan Kemampuan Perempuan’, menjadikan salah satu motivasi bagi perempuan untuk menjadi lebih mandiri. Sehingga, setiap pergerakan yang dilakukan oleh para anggota koperasi selalu fokus pada peningkatan kesejahteraan perempuan.

Rini juga menyampaikan, selama ini seluruh anggota koperasi selalu dilatih melalui pembentukan anggota kelompok-kelompok kecil. Hal itu salah satunya untuk mengevaluasi dan memonitoring ilmu yang dimiliki secara menyeluruh kepada anggota koperasi.

“Dengan strategi ini evaluasi, monitoring dan transfer ilmu pada anggota bisa lebih tersentral dan menyeluruh.
Hal ini juga yang menjadi mandat Ketua Umum Koperasi SBW Sri Untari Bisowarno yang tidak berkesempatan hadir dalam HUT KE 42 Koperasi SBW Malang,” papar dia.

Dia juga menyampaikan jika sederet prestasi juga berhasil ditorehkan Koperasi SBW Malang. Di antaranya seperti masuk dalam 100 besar koperasi Indonesia versi Majalah PIP dan Dekopin dari Kementrian Koperasi dan UKM Tahun 2015. Selanjutnya Koperasi Berprestasi dari Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2017, Koperasi Konsumen Perigkat I dari Gubernur Provinsi Jatim Tahun 2017.

“Selain itu juga ditetapkan sebagai Koperasi dengan Filosofi Terbaik,” tambahnya.

Melalui sederet prestasi yang dimiliki itu, diharapkan seluruh anggota Koperasi SBW Malang untuk selalu meningkatkan kesejahteraan. Karena ada banyak kegiatan yang rutin dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“Ada banyak kegiatan positif yang dilakukan, hingga pelatihan manajemen keuangan, memasak, hingga membatik,” terang dia.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close