Pendidikan

2020, Unikama Terus Berbenah untuk Jadi Kampus Unggulan, Ini yang Bakal Jadi Priroritas

2020, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bakal menjadikan penelitian yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai sebuah prioritas. Prioritas tersebut merupakan salah satu upaya Unikama untuk terus berbenah diri menjadi perguruan tinggi yang berkualitas.

“Di sini saya rasa pendidikan dan penelitian sudah baik, tinggal nanti didorong untuk penelitian ini. Kalau penelitian sudah jalan, pengabdian tentu akan menyusul. Pengabdian kan hilirisasinya dari hasil penelitian. Dosen kan kaitannya sama Tri Dharma Perguruan Tinggi, makanya kita dorong untuk itu (penelitian),” ungkap Rektor Unikama, Pieter Sahertian (30/12/2019).

Selain itu, rektor berkacamata itu juga menyampaikan, jika ditahun baru pihaknya akan berupaya lagi semaksimal mungkin untuk membuat Unikama maju lagi dengan torehan-torehan prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Ia juga menegaskan, tidak akan melihat masa lalu Unikama yang dalam keadaan terpuruk akibat konflik, namun akan lebih fokus lagi dalam menghadapi masa depan Unikama sebagai kampus atau perguruan tinggi yang unggul.

“Tahun sebelumnya kan memang suasana masih belum kondusif, sehingga banyak kegiatan yang belum bisa terlaksana, namun setelah semua normal, kami akan berupaya semaksimal mungkin membuat program-program untuk kemajuan Unikama,” paparnya.

“Tapi pada 2019, kami sudah mulai memperbaiki baik rangking perguruan tinggi maupun klasterisasi lembaga penelitian. Perangkingan Kemenristekdikti kita memang tidak masuk 100 besar, tapi Unikama lumayan lah bisa peringkat di 104 atau 105,” imbuhnya.

Wakil Rektor I Unikama, Dr Sudi Dul Aji, MSi turut menjelaskan, jika mengenai target penerimaan mahasiswa, 2020 target Unikama adalah 2000 mahasiswa.

Sebelumnya, akibat adanya konflik, membuat penerimaan pada 2019 anjlok menjadi sekitar 1200 mahasiswa. Sedangkan sebelum konflik, terdapat 1800 hingga 2000 mahasiswa.

“Melihat kondisi saat ini, kami optimis untuk 2000 mahasiswa. Target penerimaan tersebut untuk semua wilayah, bukan hanya wilayah timur saja,” jelasnya.

Selain itu mengenai prestasi Unikama, ia juga menjelaskan, jika dari segi aspek akademik tingkat publikasi dosen Unikama saat ini dalam kondisi naik. Tak hanya itu, Unikama juga dipercaya dalam mengelola Pendidikan Profeai Guru (PPG) yang kini telah memiliki lima angkatan.

“Untuk mencapai target itu, kita juga menjalin kerjasama dengan sekolah, instansi, pemda dan tetap memanfaatkan medsos untuk promosi,” katanya

Kemudian Wakil Rektor III, Dr Joice Soraya, SH, MH menambahkan, jika berbagai raihan prestasi baik skala nasional maupun regional telah banyak diraih Unikama. Hal itu juga termasuk perstasi mahasiswa pada bidang penalaran.

“Peningkatan tidak hanya kemampuan Program kreativitas Mahasiswa (PKM), tapi juga minat bakat. Mahasiswa kita juga berhasil menembus 15 kejuaraan tingkat nasional, termasuk mahasiswa kita dapat 5 emas di cabor taekwondo regional dan satu perak, sementara, PKM tahun ini dapat 4, kemudian untuk regional ada 8,” terang Joice.

Melihat prestasi gemilang dari mahasiswa Unikama, ia juga menargetkan akan mengupayakan untuk bisa menaikkan level atlet menjadi level internasional yang bertanding dengan negara lain.

Ditambahkannya perihal untuk mengejar target 2000 mahasiswa dilakuk dengan berbagai cara. Termasuk dengan terus menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan pemerintah daerah. Kerjasama tersebut salah satunya dengan Pemda Ngawi, Pemda Kabupaten Landak.

Periode 2019, mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) meraih berbagai catatan prestasi gemilang. Tercatat dari data yang ada, 17 kali raihan prestasi baik itu skala tingkat nasional maupun skala regional telah diraih Unikama. Dan terakhir baru-baru ini, Unikama juga memboyong lima medali emas dan satu medali perak dari ajang Kejurnas karate.

Selain itu, prestasi lainnya selama 2019, sembilan dosen Unikama telah lulus pendidikan S3 Doktoral. Mereka yakni, Dr. Andi Nugraha, SE., M.Si., Dr. Dwi Fauzia Putra, S.Pd., M.Pd., Dr. Endang Surjati, S.Si., M.Pd., Dr. Dianawati Suryaningtyas, MM., Dr. Triwahyudianto, S.Pd. M.Si., Dr. Ir. Aju Tjatur Nugroho K., MP., Dr. Maris Kurniawati, S.Si., M.Kes., M.Si, Dr. Agus Sholeh, M.Pd dan Irma Tyasari, S.Pd., SE., MM., Ak.CA., CPA., CRA., Ph.D.

Kemudian prestasi selanjutnya, Unikama peringkat ke 53 Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat Versi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Hal itu berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor B/990/E3.3/RA.03/2019, tentang Peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat, tanggal 5 November 2019.

Prestasi selanjutnya, berdasarkan peringkat perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Unikama berada di peringkat 137 dan naik dari kluster Madya ke Utama. Itu sesuai dengan Surat Dirjen Penguatan Risbang Nomor B/5678/E1.2/H.M.00.03/2019 tanggal 13 November 2019 tentang Klaster atau Pengelompokkan Perguruan Tinggi Berbasis Penelitian periode tahun 2016 – 2018.

Masih ada lagi, prestasi mengenai pengadian masyarakat juga diraih Unikama. Tim Pengabdian Masyarakat Unikama masuk ke dalam peringkat lima besar untuk pengabdian masyarakat di tingkat LLDIKTI wilayah VII Jawa Timur dan Pengabdian Masyarakat No. 2 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Malang. Untuk di wilayah LLDIKTI Wilayah VII di peringkat lima besar tersebut, Unikama berhasil bertengger di peringkat ke dua.

Dan terakhir pada bidang publikasi, Unikama memiliki portal publikasi baik seminar ataupun jurnal. 

Selain itu publikasi ilmiah di Unikama juga dalam bentuk buku ber-ISBN. Penerbit Unikama yaitu Kanjuruhan Press dan sudah online di https://kanjuruhanpress.unikama.ac.id/index.php/press.  Penerbit ini menjadi anggota IKAPI dan APPTI (asosiasi penerbit perguruan tinggi Indonesia). Untuk jurnal, Unikama memiliki 13 jurnal yang terakreditasi.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close