Pemerintahan

Bupati Malang Mendatang Disarankan Contoh Kepemimpinan Banyuwangi

INDONESIAONLINE – Masyarakat akan memilih calon pemimpin Kabupaten Malang pada 2020 nanti. Seperti yang diketahui, Kabupaten Malang, beserta dengan 18 kabupaten kota di Jawa Timur lainnya, akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak.

Pengamat Politik dari Universitas Brawijaya (UB) Wawan Sobari SIP MA PhD menyampaikan, pemimpin yang dibutuhkan di Kabupaten Malang adalah sosok yang kreatif, khususnya kreatif dalam mengelola sektor pariwisata. Dalam hal ini, disarankan pemimpin nanti mencontoh kepemimpinan Banyuwangi.

“Banyuwangi dulu kabupaten yang terkenal dengan santet, kemiskinan, dan sebagainya. Sekarang dia terbaik. Untuk mengentaskan kemiskinan dia terbaik,” ungkapnya.

Wawan melanjutkan, kunci Banyuwangi sekarang bisa maju bahkan mampu mengubah stigma negatif masyarakat adalah kepemimpinan kreatif dari Bupati Abdullah Azwar Anas.

“Saya sudah mengobrol dengan banyak kepala organisasi perangkat daerah dan kepala dinas kepala dinas di sana. Itu faktornya Pak Anas. Faktornya karena kreativitas kepemimpinan Pak Anas,” tegasnya.

Berkat kepemimpinan kreatif Anas jugalah, lanjut Wawan, banyak investor yang datang ke Banyuwangi.

“Banyuwangi sekarang investor datang semua karena kemampuan kepemimpinan kreatif Pak Anas mengubah itu semua (stigma negatif tentang Banyuwangi),” kata Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB tersebut.

Maka dari itu, potensi kreativitas pemimpin itulah yang harus didorong untuk melahirkan pemimpin yang kreatif di Kabupaten Malang.

Tak seperti Surabaya atau Sidoarjo yang meskipun wali kotanya “tidur” investor sudah pasti datang (lantaran dekat dengan pelabuhan), Kabupaten Malang harus bekerja keras.

“Surabaya atau Sidoarjo wali kotanya tidur aja investor sudah datang. Anugrah mereka adalah dekat dengan pelabuhan. Gresik itu mereka bupatinya tidur aja investor datang. Kabupaten Malang nggak bisa, mereka harus kerja keras,” tegasnya.

Maka dari itu, sekali lagi, pentingnya pemimpin yang kreatif di Kabupaten Malang. Yakni pemimpin yang bisa mengubah masalah menjadi keunggulan atau memanfaatkan keunggulan menjadi sumber untuk perubahan. Salah satu kepemimpinan yang dapat dicontoh adalah Bupati Banyuwangi.

“Jadi menurut saya itu yang paling penting. 2020 adalah saatnya bagi warga Malang untuk mengevaluasi apakah kepemimpinan yang 5 tahun sekarang ini punya prospek untuk mendorong perubahan Kabupaten Malang di 5 tahun ke depan, atau dia butuh sosok-sosok pemimpin baru yang punya setidaknya kekuatan kepemimpinan seperti yang saya contohkan di Banyuwangi,” tandas Wawan.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close