Pemerintahan

Ini Daftar Enam Perangkat Daerah Pemkot Malang yang Dilebur jadi Satu

INDONESIAONLINE – Memulai awal tahun 2020 besok, jajaran Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Malang dirampingkan. Dari yang semula 34 menjadi 28 PD saja.

Hal tersebut rupanya menyusul adanya perampingan atau Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru yang merupakan amanat pemerintah pusat. 

Yakni, berdasarkan undang-undang dan Perda no. 5 tahun 2019 atas perubahan Perda no. 7 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Karenanya, ada enam PD yang akhirnya dilakukan peleburan menjadi satu kesatuan PD yang baru. Lalu, mana saja yang telah berubah? 

Dinas Pendidikan dan Kebuyaan Kota Malang, dipimpin oleh Zubaidah. 

Yang mana, PD ini merupakan peleburan dinas pendidikan dan kebudayaan dari dinas sebelumnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Kemudian, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR Perkim) Kota Malang dipimpin Hadi Santoso. Hasil peleburan dari DPUPR dan Disperkim.

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Malang, dipimpin oleh Penny Indriani. 

Ini hasil peleburan dari Dinsos dan dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang, dipimpin oleh Erik Setyo Santoso. 

Hasil leburan dari dinas perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) dengan dinas ketenagakerjaan (Disnaker).

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dipimpin Wahyu Setianto. 

PD ini hasil peleburan dari 3 dinas, yakni Dinas Koperasi UMKM, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan.

Terakhir, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang yang dipimpin Ida Ayu Made Wahyuni. 

Hasil peleburan dari dinas kepemudaan dan olahraga (Dispora) dengan pariwisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebelumnya.

Peleburan tersebut diresmikan hari ini (Selasa, 31/12) oleh Wali Kota Malang Sutiaji di Gor Ken Arok Kota Malang bersamaan denga pelantikan mutasi jabatan ASN Pemkot Malang. 

Kesemua PD tersebut akan mulai efektif menjalankan pekerjaan per 1 Januari 2020.

“Mulai awal 2020 efektifnya. Di sini semuanya tersisi, kecuali 2 ya. Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian nanti akan ada open bidding,” paparnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close